Menteri ESDM Minta Aparat Tangkap Pencuri Pipa Pertamina Subang

Oleh Fiki Ariyanti pada 29 Agu 2014, 20:43 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 05:42 WIB
pipa-pertamina-lip-petang-140829

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik meminta, aparat kepolisian dapat menangkap pencuri yang menyebabkan pipa pengangkut Solar di jalur trunk line Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Subang milik PT Pertamina (Persero) meledak.

"Harus ditangkap pencurinya," tegas Jero saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Penangkapan tersebut harus dilakukan agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, mengingat ada upaya pencurian bahan bakar minyak jenis solar sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa.

Sebelumnya, kebocoran pipa pengangkut solar di jalur trunk line Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Subang  mengakibatkan kebakaran diduga karena upaya pencurian dengan melubangi pipa (illegal tapping).

Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region 3 Pertamina, Milla Suciyani mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan sementara ditemukan bekas galian tanah di bawah pipa dan peralatan untuk tapping yang tertinggal di lokasi kejadian.

"Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, di laporan bahwa ditemukan bekas galian tanah tepat di bawah pipa yang bocor dan juga peralatan untuk melubangi pipa (tapping)," kata Milla.

Dengan fakta tersebut maka patut diduga adanya upaya pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian BBM jenis solar yang sedang dialirkan pada pipa jalur tersebut.

"Saat ini, Pertamina masih menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut oleh kepolisian," ungkap Milla. (Fik/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya  di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!