Sukses

Jurus Semen Indonesia Optimalkan Pengelolaan Dana Perusahaan

PT Semen Indonesia Tbk bekerja sama dengan bank mandiri, BRI, BNI, dan CIMB Niaga untuk mengelola dana perusahaan dengan sistem cash pooling

Liputan6.com, Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) sebagai holding company terus meningkatkan transformasinya demi menjadikan perusahaan lebih maju dan berdaya saing tinggi.

Salah satu langkah yang dilakukan perusahaan  berkode emiten SMGR ini menggandeng perbankan untuk mengelola dana seluruh anak perusahaannya.

"Kami akan mulai melakukan implementasi salah satu program cash management demi mengoptimalkan pengelolaan excess cash group melalui sistem cash pooling mulai September 2014," kata Direktur Utama PT Semen Indonesia, Dwi Soetjipto di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (28/8/2012).

Cash pooling adalah pengelolaan dana seluruh anak perusahaan yang mempertimbangkan kebutuhan operasional peserta pooling, belanja modal secara grup dan pendanaannya.

Dalam hal itu peserta pooling juga bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana operasional yang digunakan untuk kebutuhan modal kerja.

"Untuk pengelolaan itu kami kerja sama dengan beberapa bank yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI dan CIMB Niaga," tegas Dwi.

Dwi menambahkan, saat ini pengelolaan likuiditas yang meliputi pengelolaan modal kerja maupun excess cash masih dikelola oleh masing-masing operating company. Diharapkan dengan sistem cash pooling ini dapat meminimalkan biaya keuangan dan memaksimalkan return atas excess cash secara group.

"Setidaknya ada tiga hal yang menjadi wewenang holding company dengan diimplementasikannya sistem ini antara lain, fungsi merencanakan, mengatur, menetapkan dan melakukan investasi strategis atas excess cash group," papar Dwi.

Dengan diberlakukannya sistem pengelolaan dana baru ini, operating company akan lebih fokus pada pengelolaan dana operasional untuk modal tenaga kerja, termasuk mengelola likuiditas operasional dan investasi non strategis (jangka pendek).

"Yang jelas pemberlakuan sistem ini tidak akan berpengaruh terhadap kepemilikan dana perusahaan dan aset milik operating company karena secara legal dana dan aset tersebut masih dimiliki oleh mereka sendiri," pungkas Dwi. (Yas/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini