Sukses

Mengintip Kekayaan 10 Orang Paling Tajir di China

Pertumbuhan ekonomi China tak lepas dari peranan para miliarder dari Negeri Tirai Bambu itu.

Liputan6.com, Beijing- Tak dapat dipungkiri, kini China menjelma menjadi salah satu negara paling berpengaruh di dunia. 

Dalam percaturan politik internasional, China mendapat posisi terhormat di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) bersama negara-negara kuat lainnya seperti Amerikat Serikat, Rusia, Prancis, dan Inggris.
 
Selain di bidang politik, China menjadi salah satu pemain utama dalam perekonomian dunia. Bagaimana tidak, secara kasat mata terlihat produk-produk buatan China hampir mendominasi pasar global. Dari produk pakaian sampai elektronik didominasi oleh Negeri Tirai Bambu itu. Sehingga, mau tak mau bisa dikatakan, tak ada negara yang terlepas dari genggaman China.
 
Perkembangan ekonomi China menunjukan negara tersebut merupakan negara makmur. Perusahaan-perusahaan tumbuh dan berkembang. Namun satu yang tak bisa dilepas, kemajuan China juga mengerek sejumlah kelas masyarakat lapisan elit atau para miliarder di sana.
 
Dikutip dari therichest, Sabtu (23/82014), berikut daftar 10 orang paling kaya di China tahun 2014:
 
 
1. Cai Dongqing (45) US$ 2 Miliar
 
Cai Dongqing merupakan pemimpin dari perusahaan hiburan Guandong Alpha Animation. Perusahaan tersebut terus tumbuh besar dan tercatat di Shenzhen Stock Exchange. Sahamnya di perusahaan tersebut sebanyak 51 persen atau setara dengan nilai US$ 1,5 miliar. 
 
Pada perkembangannya Guandong Alpha Animation merupakan perusahaan yang menjual mainan anak-anak. Akan tetapi sekarang menjadi perusahaan animasi terkemuka di dunia.
 
 2. Zhou Hongyi (43) US$ 2,1 Miliar
 
Zhou Hongyi’s Qihoo 360 Technology telah menjadi perusahaan yang diperhitungkan di China. Perusahaan ini meraup keuntungan mencapai miliaran sejak mengkhususkan diri untuk berjualan produk antivirus. Saham Zhou Hongyi pada perusahaan tersebut mencapai 17 persen.  
 
3. Xue Xianngdog (55) US$ 2,3 Miliar
 
Xue Xiangdong merupakan lulusan dari Hunan University. Dia adalah pemimpin China’s DHC Software company yakni perusahaan perangkat lunak. Perusahaan tersebut mengendalikan  China Development Bank dan Agricultural Bank of China. 
 
4. Wang Changtian (49) US$2,3 Miliar
 
Dia adalah pemimpin  Beijing Enlight Media. Keberhasilannya adalah mengubah perusahaan tersebut dari perusahaan swasta biasa kini grup perusahaan terkemuka di China. Perusahaan ini sekarang tercatat di Shenzhen Stock Exchange GEM.
Di bawah kepemimpinannya selama dua dekade, perusahaan itu kini telah membangun jaringan distribusi terbesar berbasis data hiburan di China.
 
 
5. Jia Yueting (41) US$2,3 Miliar
 
Jia Yueting ketua sekaligus CEO dari Leshi Internet Information and Technology. Dia adalah orang yang mengubah perusahaan LeTV menjadi perusahaan yang bergerak di situs video digital paling populer di China. Dengan perubahan tersebut, laba perusahaan tumbuh 20 persen menjadi US$ 13 juta dan penjualannya mencapai US$ 164 juta.
 
Selanjutnya..
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

 
6. Pang Kang (58) US$2,5 Miliar 
 
Pang Kang merupakan pemimpin dari Foshan Haitian Flavouring and Food Company Ltd. Perusahaan tersebut ialah perusahaan pemasok terkemuka di China untuk produk bumbu. Lebih lanjut, di bawah kepemimpinannya, perusahaan ini menjadi perusahaan raksasa yang mampu mengekspor ke 60 negara tujuan, dengan 8 kategori bumbu dan 200 varietas.
 
7. Liu Qiangdong (40) US$ 2,7 Miliar   
 
Pria yang memiliki sapaan Lao Liu ini adalah pendiri dari 360buy.com. Sebelum mendirikan perusahaan ini, Liu bekerja di luar negei selama dua tahun untuk mendapat pengalaman dan paparan mengenai seluk beluk bisnis.
 
Kemudian dia mendirikan perusahaan sendiri yang menjual produk magneto-optik. Namun, perusahaan itu akhirnya gulung tikar karena merebaknya virus SARS. 
 
Dia pun akhirnya beralih untuk membuka usaha e-trading. Pada tahun 2007, 360buy.com terus berkembang hingga akhirnya bernilai US$ 10 juta lalu ditambah suntikan dari investasi asing yang kemudian meningkatan penjualannya mencapai ratusan juta dollar.
 
8. Yang Kai (57) US$2,8 MIliar
 
Yang Kai merupakan pemimpin dari perusahaan produsen susu Huishan Dairy yang merupakan kelompok produsen terbesar ke dua di China. Di bawa kepemimpinannya, kini perusahaan tersebut sedang menjalin pembicaraan kerjasama dengan FrieslandCampina sebagai pemasok susu formula. 
 
9. Wang Wenyin (46) US$ 4,2 Miliar
 
Wang Wenyin adalah pendiri Amer International Group yakni perusahaan yang mengkhususkan diri pada penyedia dan distribusi kabel dan produk tembaga. Perusahaan ini juga memiliki berbagai kepentingan di sektor tambang. 
 
Untuk diketahui, kini perusahaan tersebut memiliki enam wilayah industri dan empat kantor pusat di seluruh Asia.
 
10. Li Hejun (47) US$ 4,3 Miliar
 
Pria ini merupakan pemimpin bisnis energi bersih Cina di bawah Hanergy Holding. Li Hejun tiba di Provinsi Huangdong pada tahun 1980 an kemudian mengembangkan bisnis tenaga air dan membangun bendungan hidroelektrik kecil.
 
Hal itu yang menyebabkannya menemukan Jin’anqiao Hydroelectric Project di Cina bagian Barat. Proyek tersebut merupakan terbesar yang dibangun swasta dan menghasilkan pendapatan US$ 500 juta per tahun. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.