Sukses

H-3 Pelabuhan Merak Telah Seberangkan 56.068 Orang

Untuk memudahkan arus manuver dalam pelabuhan, pihak kepolisian melakukan sistem buka tutup jalan.

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) mengungkapkan pada arus mudik H-3 telah terjadi kepadatan signifikan di Pelabuhan Merak, Banten, Jawa Barat. Kepadatan tersebut terlihat mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Corporate Secretary ASDP Indonesia, Christine Hutabarat mengatakan, jumlah penumpang mengalami peningkatan 19,3 persen atau menjadi 56.068 orang dibandingkan pada H-4 yang tercatat 46.980 orang.

"Sesuai prediksi H-3 ini akan ada peningkatan signifikan penumpang dan kendaraan," kata Christine, Sabtu (26/7/2014).

Ia menambahkan, dari jumlah penumpang yang diseberangkan ke Pulau Sumatra tersebut, peningkatan signifikan didominasi oleh pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Peningkatan kendaraan itu didominasi oleh kendaraan kecil  yang umumnya dipakai oleh pemudik keluarga. Mendekati hari H semakin meningkat karena mulainya libur bagi karyawan dan diperkirakan akan terus bertambah pada malam ini sampai pada besok pagi," tegasnya.

Berdasarkan pantauan ASDP, hingga pukul 00.30 WIB, areal parkir pelabuhan dipadati oleh penumpang dan kendaraan. Untuk memudahkan arus manuver dalam pelabuhan, pihak kepolisian melakukan sistem buka tutup jalan yang mengakibatkan antrian di luar pelabuhan hingga 500 meter.

Sementara di sisi lain, kepadatan juga terlihat di pelabuhan Gilimanuk, Bali. Hingga pukul 20.00 WITA sebanyak 113 perjalanan telah dicapai dengan mengoperasikan 36 kapal dan telah menyeberangkan 39.077 orang penumpang, 10.132 unit kendaraan roda dua dan 3.409 unit kendaraan roda empat dan di atasnya.

"Bahkan semalam kondisi Pelabuhan Gilimanuk terpantau padat, terdapat antrian hingga 8 kilometer di luar pelabuhan," pungkas Christine. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini