Sukses

33 Truk pengangkut Motor Pemudik Berangkat Menuju Jawa Tengah

Untuk arus balik, Kementerian Perhubungan melakukan pengangkutan 2 unit truk dan 4 unit bus angkut penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, EE Mangindaan melepas 33 truk pengangkut sepeda motor bagi para pemudik. Truk-truk tersebut menuju ke sembilan kota di Jawa Tengah.

"Ini adalah bagian dari langkah mencapai zero accident dalam rangka mudik lebaran, karena 70 persen dari tingkat kecelakaan itu melibatkan sepeda motor," kata Mangindaan dalam pelepasannya di halaman Gundag Perum Bulog, Jakarta Utara, Rabu (23/7/2014).

Mangindaan menjelaskan, setelah kendaraan bermotor tersebut diberangkatkan, esok harinya baru para pemilik sepeda motor tersebut akan diberangkatkan dari silang Monas, Jakarta.

Seluruh truk ini diperkirakan akan sampai di lokasi tujuan masing-masing pada esok hari mengingat semua melewati jalur selatan.

Secara rinci, 33 truk tersebut mengangkut 1.528 sepeda motor dengan tujuan ke Solo sebanyak 9 truk, Wonogiri sebanyak 4 truk, Yogyakarta sejumlah 4 truk, Kebumen tercatat 4 truk, Wonosobo hanya 1 truk, Magelang sebanyak 4 truk, Cilacap hanya 1 truk, Purwokerto mencapai 5 truk dan Tasikmlaya sebanyak 1 truk.

"Untuk arus balik kami juga melakukan pengangkutan pemberangkatan ada 2 unit truk dan 4 unit bus angkut penumpang yang akan diberangkatkan pada Jumat 1 Agustus dari kantor Dinas Perhubungan Surakarta," tambah Mangindaan.

Untuk diketahui, Kementerian perhubungan memang telah memberikan fasilitas mudik gratis kepada masyarakat Jakarta. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah membuka pendaftaran untuk layanan tersebut pada 1-16 Juli 2014 di kantor pusat Kementerian. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.