Sukses

Pipa Gas Meledak, YLKI Tuntut MRT dan PGN Ganti Rugi Pelanggan

Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi meminta manajemen PGN segera melakukan penyelidikan adanya ledakan pipa gas PGN di kawasan SCBD.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta agar PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) segera menyelidiki peristiwa meledaknya pipa gas di jalur proyek Mass Rapid Transit (MRT), Jakarta. Atas kejadian ini, pihaknya juga mendesak agar perseroan menanggung seluruh kerugian dari 40 pelanggan.

"Harus segera diselidiki dan dideteksi apa penyebabnya, lalu dilakukan audit agar semuanya jelas," tegas Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Ledakan pipa gas berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, tepat di depan Mapolda Metro Jaya tadi malam. Infrastruktur ini membentang di proyek jalur MRT dan proyek konstruksi lain, seperti fiber optic. Akibatnya pipa gas yang menuju lokasi sudah ditutup sementara dan diperkirakan 40 pelanggan tak mendapat pasokan gas.

Kata Tulus, jika dari hasil investigasi menyebut kebakaran pipa gas terjadi karena penggalian proyek MRT, maka pihak MRT harus mempertanggung jawabkan hal ini terhadap konsumen.

"Apabila benar hasilnya begitu, MRT mesti diberi sanksi dan menanggung kerugian konsumen karena mereka sudah ceroboh menabrak pipa gas. Harusnya kan dengan teknologi canggih, mereka bisa menghindari itu," sambungnya.

Penetapan sanksi, lanjut dia, tergantung dari hasil audit dan penyelidikan. Namun sebaliknya, jika kebakaran yang terjadi disebabkan lantaran kelalaian PGN, maka emiten berkode PGAS itu yang harus mempertanggung jawabkan semuanya.

"Jika karena kebocoran teknik yang dilakukan PGN sendiri, mereka harus memasok gas ke 40 pelanggan itu dengan cara yang lain. Apakah menggunakan tangki, mobil layanan bergerak atau lainnya," jelas Tulus.

Penyebab lain, menurutnya bisa saja muncul. Namun semua itu harus dibuktikan dengan proses penyelidikan mendalam. "Segala faktor bisa saja terjadi, mungkin karena umur pipa gas yang sudah tua atau apapun," cetus dia. (Fik/Ahm)

 

Baca Juga:

Bos PGN Sebut Pipa Gas Bocor Gara-gara Kontruksi Proyek MRT

Pipa Meledak, Pasokan Gas ke 40 Pelanggan PGN Terhenti

PGN Investigasi Penyebab Ledakan Pipa Gas di Jalur Proyek MRT

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini