Harga Biji Kakao di Palu Tembus Rekor Tertinggi

Oleh M Taufan SP Bustan pada 16 Jul 2014, 18:52 WIB
Diperbarui 16 Jul 2014, 18:52 WIB
Kakao di Palu 1
Perbesar
(Foto: M Taufan SP Bustan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Palu - Harga biji kakao di Palu, Sulawesi Tengah, mencapai Rp 36 ribu per kilogram (kg) pada Rabu (16/7/2014). Harga tersebut merupakan harga tertinggi jika dibanding dengan hari-hari sebelumnya.

Salah satu pengepul biji kakao di Palu, Ahmadi mengatakan, harga biji kakao terus mengalami kenaikan dalam dua bulan ini. "Bulan lalu, dari Rp 30 ribu ke Rp 34 ribu per kg. Sekarang naik lagi, dari Rp 34 ke Rp 36 ribu per kg," jelas Ahmadi kepada Liputan6.com.

Kenaikan harga biji kakao kali ini diketahui memang sangat tinggi dari kenaikan harga biji kakao sebelum-sebelumnya terjadi di Palu.

"Sebelum naik Rp 34 ribu dan sekarang Rp 36 ribu, harga biji kakao bertahan lama di harga Rp 30 ribu per kg. Tapi sekarang, kenaikannya sudah sangat tinggi," imbuhnya.



Salah satu pemilik agen pembelian biji kakao, Marten menerangkan, kenaikan harga salah satu komoditas ekspor ini di pasaran lokal, tidak terlepas dari pengaruh harga di pasar internasional.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, harga biji kakao di pasar internasional terus membaik dengan permintaan yang terus meningkat, sementara produksi biji kakao di sejumlah negara penghasil biji kakao terbesar menurun akibat cuaca yang tidak menentu ditambah adanya serangan hama.

"Termasuk di Palu produksi juga menurun. Dan kalau tinggi permintaan sementara produksi menurun secara otomatis hal itu akan memicu harga biji kakao di pasar luar dan dalam negeri termasuk harga di Palu naik," tandas Marten. (M Taufan SP Bustan/Gdn)

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid