Sukses

Di Indonesia, Pengangkutan Barang 30 Menit Bisa Jadi 10 Jam

Masalah di Indonesia di antaranya infrastruktur wilayah yang sampai sekarang belum terjamin.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Sukses Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, Sukur Nababan mengatakan terdapat beberapa masalah penting yang mesti diperhatikan agar Indonesia bisa bersaing dengan negara asing.

Sukur mengatakan, persoalan tersebut di antaranya infrastruktur wilayah yang sampai sekarang belum terjamin.

"Bagaimana bisa bersaing Cina, Korea, dengan infrastruktur seperti ini?," kata dia dalam diskusi 'Ekonomi Bergotong royong atau Ekonomi Berdaya Saing', Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Bahkan dia mencontohkan, jika di negara lain bisa melakukan pengangkutan hasil produksi dari pabrik ke pelabuhan dalam waktu 30 menit. Maka di Indonesia  memakan waktu 10 jam.

"Di infrastruktur seperti ini bisa 10 jam. Dari Karawang sampai Priok. Di kita 30 menit jadi 10 jam," lanjut dia.

Dia menambahkan, persoalan yang dihadapai Indonesia buka saja soal infrastruktur. Permasalahan yang dihadapi tanah air ialah defisit keuangan yang diakibatkan kebutuhan energi.

"Persoalan energi, mati hidup, berapa cost yang timbul?. Kita ini sudah bagus  hidup," tukas dia.

Dalam hal ini, lanjut dia, pemerintah ke depan mesti segera mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah tersebut. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.