Sukses

Medco Stop Produksi di 2 Ladang Minyak Demi Keamanan

Penghentian produksi disebabkan adanya penutupan lalu lintas jalan umum oleh sekelompok orang yang mengganggu pengiriman minyak.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco E&P Indonesia saat ini menghentikan produksi minyak dari Lapangan Meta dan Lica di Desa Danau Cala, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, demi keamanan.

Senior Manager of Relation PT Medco E&P Indonesia Teguh Imanto mengatakan, penghentian produksi disebabkan adanya penutupan lalu lintas jalan umum oleh sekelompok orang yang mengganggu pengiriman minyak mentah dari lapangan minyak tersebut ke Stasiun Pengumpul Matra di Musi Banyuasin.

"Produksi minyak dari Meta dan Lica sekitar 1.000 barel per hari, yaitu 2% dari total keseluruhan produksi minyak dan gas bumi Medco E&P saat ini," kata Teguh di Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Menurutnya, lapangan minyak ini adalah aset milik negara dan 80% dari produksinya adalah milik pemerintah. Penghentian operasi telah dilaporkan ke Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKKMIGAS), perwakilan pemerintah yang berwenang mengawasi kegiatan industri hulu migas.

"Perusahaan juga telah melaporkan tindakan penutupan jalan ini ke aparat kepolisian, termasuk Polres dan Polda serta Dandim 0401 Musi Banyuasin," tuturnya.

Anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) tersebut juga telah melakukan pembicaraan dan usaha mediasi secara terus menerus dengan difasilitasi oleh Pemda setempat, namun belum mendapat titik temu atas tuntutan sekelompok orang ini.

"Perusahaan terus mengupayakan penyelesaian permasalahan ini sehingga kegiatan operasi di lapangan dapat segera pulih kembali dan tidak mengganggu target produksi minyak nasional ke depannya," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.