Sukses

Jero Wacik Ingin Sungai Jadi Sumber Energi

Menteri ESDM Jero Wacik meminta kepala pemerintah daerah memanfaatkan sungai sebagai sumber energi kelistrikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik meminta kepala pemerintah daerah memanfaatkan sungai sebagai sumber energi kelistrikan.

Menurut dia, fungsi sungai saat ini sudah berubah. Awalnya sungai yang jadi sumber kehidupan hanya berfungsi sebagai sumber air, namun dengan adanya teknologi sungai bisa menjadi sumber energi.

"Nenek moyang kita dulu, kalau mau membikin desa pasti diusahakan dekat dengan sungai, nenek kita orang cerdas cek semua desa dekat sungai.
Apa hubungnya? Mestinya sungai mengalir. Dulu untuk mandi sekarang ada teknologi," kata Jero di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Jero menuturkan, di Indonesia banyak sungai-sungai yang mengalir, karena itu harus dimanfaatkan dengan membangun Pembangkit Lisrik Tenaga Air (PLTA). Agar keinginan ini bisa terwujud, ia memerintahkan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana untuk menyurati pimpinan pemerintah daerah membangun PLTA di wilayah yang dialiri sungai.

"Saya minta Pak Rida buat edaran seluruh Bupati tidak bolah ada desa yang ada sungai tidak ada listrik. Karena asal ada sungai mengalir sudah power, jadi semua sungai harus ada mikro hidro," ungkapnya.

Menurut Jero, satu aliran sungai bisa dimanfaatkan enam mikro hidro. Untuk menarik investasi pihaknya sudah membuat harga beli listrik yang terbilang baik yaitu Rp 1.075 per kilowatthour (kWh).


"Menurut hitungan kami, (dengan harga listrik tersebut) empat tahun sudah kembali modal. Lima tahun berikutnya sudah untung," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLTA merupakan singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Air.

    PLTA