Sukses

Studi: Suami Pakai Uang Lebih Besar dari Istri, Tapi Tak Ketahuan

Para pria dan wanita yang sudah menikah ternyata sering sembunyi-sembunyi dari pasangannya dalam menggunakan uang.

Liputan6.com, New York - Meski telah mengikat janji hidup bersama, uang ternyata masih menjadi masalah yang sensitif. Tak hanya itu, uang juga dianggap sebagai salah satu topik yang sering mengundang perdebatan di antara pasangan suami istri.

Mengutip laman CNN, Sabtu (14/6/2014), sebuah penelitian yang digelar Experian Customer Services bahkan menemukan, para pria dan wanita yang sudah menikah sering sembunyi-sembunyi dari pasangannya dalam menggunakan uang. Penelitian tersebut memang ditujukan untuk mengetahui kejujuran pria dan wanita dalam melakukan pengeluaran finansial.

Hasilnya, jumlah uang yang dikeluarkan pria tanpa ketahuan sang istri berjumlah lebih besar daripada wanita pada suaminya. Rata-rata para suami menghabiskan uang hingga US$ 1.231 atau Rp 14,52 juta (kurs: Rp 11.795/US$) tanpa diketahui sang istri.

Meski demikian, sebagian pria mengaku memberitahu istrinya setelah menggunakan uang tersebut. Sementara sebagian lainnya memilih merahasiakan pengeluaran tersebut.

Rupanya tak hanya pria, penelitian tersebut juga membuktikan wanita melakukan hal yang sama pada sang suami. Bedanya, para istri tak akan menghabiskan uang lebih dari US$ 396 tanpa diketahui sang suami.

Perbedaan pola pikir dalam menggunakan uang juga dianggap sebagai salah satu penyebab perdebatan dalam banyak pernikahan. Sebuah penelitian yang digelar Utah State University tahun lalu menemukan, perdebatan mengenai uang bahkan menjadi penyebab perceraian nomor satu. (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.