Sukses

Pantau Harga Pangan, Chairul Tanjung Bakal Sidak Pasar

Chairul Tanjung masih merahasiakan lokasi pasar yang akan disidak.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang puasa dan lebaran, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung alias CT bakal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional untuk mengontrol harga bahan pangan pokok. Rencananya, sidak akan digelar besok (13/6/2014).

Dia menegaskan, harga bahan pangan pokok menyambut Ramadan dan lebaran relatif masih stabil dan belum terjadi kenaikan signifikan.

"Makanya Jumat (13/6), saya dan beberapa menteri akan inspeksi ke pasar untuk memantau secara riil harga-harga yang sebenarnya di pasar," ungkap dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Saat ditanyakan lokasi pasar yang akan disidak, CT masih merahasiakannya. "Nggak boleh dikasih tahu dong. Kan rahasia. Nanti kalau dibuka, pasar siap-siap dong," tutur dia.

CT menjelaskan, puasa dan lebaran kerap mendorong permintaan pangan cukup drastis. Hal ini tentu akan mengerek harga karena pasokan yang tak sebanding dengan permintaan.

"Kecenderungan harga naik. Kita memantau kenaikan harga yang tidak wajar, tapi bukan berarti walaupun naiknya biasa saja kita diamkan. Semua dilihat, dipantau secara serius," terangnya.

Perhatian khusus pemerintah, tambah CT, fokus pada kenaikan harga daging ayam, telur, bawang merah dan bawang putih. Dari laporan Kementerian Perdagangan, dia mengaku, harga daging ayam dan telur ayam selalu berfluktuasi. "Kita ingin harga stabil. Caranya bekerjasama dengan pemasok," ujar CT. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini