Sukses

Suzuki Bangun Pabrik Mobil Senilai Rp 11 Triliun di Bekasi

Suzuki Indonesia tengah membangun pabrik barunya di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Indonesia tengah membangun pabrik mobil teranyar di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.  Aksi korporasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas produksi perusahaan.

"Ini untuk terus memenuhi kebutuhan kendaraan Suzuki bagi pasar domestik yang terus meningkat dan ekspansi pasar ekspor," kata Dimelza dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (5/6/2014).

Pabrik baru ini memiliki luas 130,7 hektar (HA) dan dengan dibangunnya pabrik baru ini, jumlah total investasi yang telah digelontorkan oleh Suzuki diperkirakan mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 11 triliun.

Pabrik ini terdiri dari pabrik mesin dan transmisi yang telah beroperasi di tahun ini, dan pabrik perakitan mobil yang diperkirakan akan beroperasi tahun 2015 mendatang.

"Melalui investasi tersebut, Suzuki berharap dapat berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia, dan selanjutnya pertumbuhan industri otomotif di Indonesia," kata Dimelza.

Suzuki mencatat  telah menjual kendaraan roda emapat sebesar 26,533 unit dan kendaraan roda dua terjual total 114,335 unit dengan total pendapatan Rp 3,16 triliun sepanjang 2013. Sementara total pendapatan dari ekspor komponen adalah Rp 161 Milyar.

Rencananya, lanjut Dimelza, perseroan  akan mengekspor 50 ribu unit kendaraan roda empat dan 190 ribu unit kendaraan roda dua. Saat ini, Suzuki juga telah melakukan ekspor produk terbaru dari mobil murah ke Pakistan dengan target 1.200 unit pada tahun ini. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini