Sukses

Jual Emas Batangan, Pegadaian Tak Mau Kalah dengan Antam

Harga buyback emas batangan di Pegadaian mencapai 97% dari harga pasar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) sejak Mei 2013 telah menjual produk emas batangan.  Produk emas tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pegadaian dengan Perum Peruri.

Memang, meskipun sudah satu tahun lebih menjalankan bisnis tersebut, emas batangan yang ditawarkan oleh Pegadaian tersebut masih kalah tenar dengan emas batangan yang dijual oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yaitu PT Antam yang terlebih dahulu menjual emas batangan.

Meskipun kalah tenar, Direktur Utama Pegadaian, Suwhono mengaku ada tiga keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri emas pegadaian ini.

"Pertama, yang pasti adalah Pegadaian mempunyai kompetensi menentukan emas itu kadarnya berapa karat, jadi kalau Pegadaian menjual atau menerima barang jaminan itu sudah diuji oleh tim kami bahwa karatnya pasti benar dan itu bisa kami jamin," jelas Suwhono saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (5/6/2014).

Dengan begitu, Suwhono mmemberikan keyakinan kepada masyarakat yang ingin membeli emas di Pegadaian bahwa mereka tidak akan pernah merasa ditipu.

Kedua, Suwhono menjelaskan emas Pegadaian memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk emas dari perusahaan lainnya.

"Kalau beli di Pegadaian dan jual lagi di Pegadaian itu harga buyback yang kami tawarkan 97% dari harga pasar. Dari pengalaman saya yang buyback 95% saja tidak ada, jadi kamilah yang paling tinggi," jelasnya.

Sementara yang menjadi daya tarik tersendiri dari pembelian emas pegadaian yang ketiga adalah banyaknya counter-counter pegadaian yang saat ini sudah menjamur hingga ke kecamatan-kecamatan di Indonesia.

"Jadi kalau beli Pegadaian Jakarta, pas jalan-jalan ke Surabaya, dijual di sana bisa. Bisa juga jika ada pinjaman gadai di Jakarta, dilunasi dari Medan atau Surabaya," pungkas Suwhono. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.