Sukses

10 Barang Mahal Berlapis Emas (I)

Ide melapisi barang dengan emas telah dilakukan sejak zaman China kuno, dan hal itu kini diterapkan untuk barang sehari-hari yang dipakai.

Liputan6.com, New York - Ada pepatah lama menyebutkan kalau sebagian orang banyak menghabiskan uang pada hal sepele. Bahkan ketika suatu bara dilapisi emas, hal itu juga menjadi daya tarik orang kaya.

Ide melapisi barang dengan emas terutama barang favorit yang dipakai sehari-hari bukan merupakan hal baru. Pada zaman China kuno, kuil dan paviliun telah dilapisi emas baik di dalam dan luar ruangan. Hal itu juga terlihat dari tampilan dari kekayaan dan kekuasaan saat Mesir kuno di zaman Firaun.

Emas yang juga merupakan barang berharga menjadi salah satu alasan yang mendorong seseorang untuk melapisi suatu benda dengan emas. Padahal harga emas fluktuaktif. Berikut  5 dari 10 barang mahal yang dilapisi emas, seperti dikutip dari The Richest, yang ditulis Kamis (29/5/2014):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lamborghini

1. Lamborghini

Nilai: US$ 62 Juta atau sekitar Rp 721,21 Miliar (asumsi kurs Rp 11.632 per dolar Amerika Serikat)

Mobil mewah ini dihiasi dengan lembaran emas di dalam dan luar. Pasar mobil emas ini memang untuk kawasan Timur Tengah, China dan Rusia.

Dubai Showroom Lamborghini meluncurkan mobil berlapis emas, platinum dna bertahtakan berlian pada Oktober 2012. Harga mobil ini sekitar US$ 62 juta. Memang tidak hanya Lamborghini yang memiliki mobil emas tetapi juga Ferrari, BMW, dan Rolls Royce.

3 dari 6 halaman

Cover iPhone

2. Cover iPhone

Nilai: US$ 15 Juta atau sekitar Rp 174,48 Miliar (asumsi kurs Rp 11.632 per dolar Amerika Serikat)

Cover Iphone ini diproduksi oleh Stuart Hughes Jewelers, dan merupakan ponsel paling mahal di dunia. Cover ini terbuat dari emas 22 karat, logo Apple bertahtakan berlian. Anda pun tidak ingin menjatuhkan ponsel ini di toilet.

4 dari 6 halaman

Pohon Natal Abu Dhabi

3. Pohon Natal Abu Dhabi

Nilai: US$ 11 Juta atau sekitar Rp 127,95 Miliar (asumsi kurs Rp 11.632 per dolar Amerika Serikat)

Pohon natal ini dipasang di sebuah hotel bintang tujuh di Abu Dhabi pada 2010. Guinness menyebutkan, pohon natal ini paling mahal di dunia. Pohon natal ini memiliki ukuran 40 kaki yang dihiasi dengan pita emas, ornamen, dan karangan bunga. Pada dasar pohon natal ini dihiasi kertas pembungkus emas dan batu mulia.

5 dari 6 halaman

Poker

4. Poker

Nilai: US$ 7,5 Juta atau sekitar Rp 87,24 Miliar (asumsi kurs Rp 11.632 per dolar Amerika Serikat)

Poker set ini dirancang oleh Geoffrey Parker yang dilapisi dengan emas 18 karat. Permainan ini juga dilengkapi dengan permata dan chipnya dengan batu mulia. Anda hanya bisa membayangkan betapa tingginya taruhan poker ini.

 

6 dari 6 halaman

Toilet dan Tissue

5. Toilet dan Tissue Toilet Emas

Nilai: US$ 2,5 Juta atau sekitar Rp 29,08 Miliar dan US$ 1,3 Juta atau sekitar Rp 15,12 Miliar (asumsi kurs Rp 11.632 per dolar Amerika Serikat)

Di Hong Kong Anda akan menemukan toilet yang paling mahal di dunia. Toilet ini dibangun oleh grup Hang Fung Gold pada 2001. Toilet ini memiliki emas 24 karat, dan dihiasi dinding permata. Meski bernilai US$ 2,5 juta, toilet ini tidak terpakai dan utuh.
Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menemukan tissue toilet emas padat yang diproduksi oleh The Toilet Paper Man. (Ahm/)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini