Sukses

Impor Minyak RI Naik Jadi 1,7 Juta Barel Dalam Sehari

Impor minyak naik seiring dengan terus meningkatnya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bakal mengimpor 1,7 juta barel minyak dalam sehari pada tahun depan seiring dengan terus meningkatnya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Tanah Air. Angka ini naik dari proyeksi tahun ini sebesar 1,62 juta barel per hari (bph).

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengatakan, kenaikan konsumsi BBM  nasional seiring dengan terus meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun.

"Indonesia butuh energi untuk menopang pertumbuhan ekonomi tahun depan," kata Susilo saat menghadiri pameran  pameran IPA ke 38 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Angka impor BBM tahun depan bisa ditekan jika kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) sanggup mendongkrak produksi minyak. Namun jika gagal, Indonesia impor 1,7 juta barel per hari tidak dapat dihindari Pasalnya, produksi minyak yang mampu diproduksi hanya 600 ribu bph.

Untuk itu, para kontraktor minyak didesak untuk terus mencari cadangan baru agar produksi bisa ditingkatkan.  "Mencari cadangan baru itu pekerjaan mudah, tapi tantangannya berat," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.