Sukses

Pedagang Pasar Sebut Belum Ada Lonjakan Harga Jelang Ramadan

Belum terlihat lonjakan harga meski bulan puasa tinggal menghitung hari.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyebut harga bahan pangan pokok sampai hari ini masih aman terkendali. Belum terlihat lonjakan harga meski bulan puasa tinggal menghitung hari.

"Masih sebulan lagi puasanya, sehingga harga hingga saat ini cukup aman terkendali. Belum ada tanda mengkhawatirkan pada harga bahan pangan," ungkap Sekretaris Jenderal APPSI, Ngadiran kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Dalam catatannya, harga beras medium masih di kisaran Rp 7.500 per kilogram (kg), daging ayam berkisar Rp 26 ribu-Rp 27 ribu per kg.

"Harga daging ayam belum sampai Rp 30 ribu, dan malah ada yang menjual Rp 24 ribu per kg," sambung dia.

Sementara harga cabai rawit merah, kata Ngadiran, terus mengalami penurunan hingga saat ini Rp 20 ribu per kg, serta harga bawang merah dan bawang putih masing-masing Rp 15 ribu per kg dan Rp 14 ribu per kg.

"Nah yang masih susah turun adalah harga daging sekitar Rp 90 ribu per kg. Itu daging yang bagus ya. Sedangkan daging sapi biasa sekitar Rp 82 ribu-Rp 85 ribu per kg," jelasnya.

Dia memperkirakan, lonjakan harga bahan pangan bakal terjadi H-5 dan H-7 sebelum puasa. "Biasanya sebelum puasa harga akan mulai bergerak. Paling rawan di H-5 dan H-7. Tapi kita lihat nanti tergantung situasi, karena yang pasti stok sampai saat ini aman," ucap Ngadiran.

Dia mengaku, pihaknya dan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berencana menggelar pertemuan pada Kamis ini.

"Kita mau bahas kesiapan menjelang puasa dan lebaran serta berupaya menjaga harga supaya nggak gonjang ganjing. Kan kasihan rakyat," tukas dia. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini