Sukses

Bukit Asam Incar Bisnis Peralatan Tambang

PT Bukit Asam Tbk telah melakukan uji coba peralatan tambang hasil produksi perseroannya, dan melakukan penjajakan teknologi dari Jerman.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukit Asam Tbk (Persero)/PTBA  mengincar bisnis baru untuk mengembangkan industri peralatan pertambangan di dalam negeri. Saat ini, perseroan telah melakukan uji coba peralatan tambang hasil produksi perseroan.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Milawarma mengatakan, saat ini belum ada industri dalam negeri yang mengembangkan peralatan pertambangan. Hal tersebut menjadi peluang produsen batu bara untuk mengembangkannya.

"Indusri peralatan tambang di Indonesia tidak ada, yang ada  industri peralatan berat  jadi ke depan PTBA akan mengembangkan industri peralatan tambang yang mendukung," kata Mila, menghadiri acara BUMN Marketeers Club, di Kantornya, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Mila menambahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan uji coba peralatan penambangan hasil produksi perseroannya. Saat ini, peralatan tersebut digunakan sendiri namun tidak menutup kemungkinan digunakan oleh perusahaan batu bara lain.

"Produksi alat tambang kami sudah mulai, kami sudah uji cobakan alat pendukung membongkar batu bara, kedua ship loader alat memuat batu bara ke kapal, ke depan kami tingkatkan kapasitasnya, sekelas tongkang jadi laut dalam, peralatan handling. Spesifik kami buat sendiri kalau bisa provide industri yang lain," paparnya.

Untuk mengembangkan industri alat tambang tersebut, menurut Mila pihaknya sudah melakukan penjajakan teknologi dari  Jerman.

"Kapasitas work shop kami memadai. Kami melakukan penjajakan teknologi dari Jerman. Kami bikin peralatan yang spesifik lebih menguntungkan dibutuhkan untuk peralatan tambang," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini