Raja Qatar Kuasai Deutsche Bank

Oleh Siska Amelie F Deil pada 19 Mei 2014, 12:26 WIB
Diperbarui 19 Mei 2014, 12:26 WIB
Bank
Perbesar
Bank (Istimewa)

Liputan6.com, Berlin - Deutsche Bank kini sebagian besar sahamnya menjadi milik keluarga kerajaan Qatar. Ini setelah Sheikh Hamad Bin Jassim Bin Jabor Al - Thani, raja dari Qatar menyuntikkan 1,75 miliar euro sebagai modal di perusahaan tersebut.

Suntikan dana yang diberikan kerajaan Qatar sejauh ini menjadikannya sebagai pemegang saham tertinggi di bank paling besar di Jerman tersebut.

Melansir laman Reuters, Senin (19/5/2014), pada 2010, bank tersebut telah memperoleh tambahan dana sebesar 10,2 miliar euro dalam bentuk ekuitas. Tiga tahun setelah itu, bank berkelas internasional itu kembali mendapat tambahan modal baru senilai 3 miliar euro.

Namun untuk penanaman modal tersebut, pihak kerajasaan Qatar tidak meminta jatah kursi, , juga tidak ada biaya khusus yang ditawarkan kepada investor, menurut keterangan sumber yang dekat dengan transaksi tersebut. "Mereka investor seperti orang lain," jelas dia.

Ini dibenarkan manajemen Deutsche Bank. Sejauh ini, investor asal Qatar itu tidak meminta kursi di dewan direksi atau tawaran biaya khusus seperti yang biasa diberikan pada para investor.

Sayangnya, seluruh tambahan dana tersebut tak cukup untuk meredam kekhawatiran investor mengenai posisi modalnya. Pasalnya, Deutsche Bank terus dihadapkan dengan permintaan modal yang terus meningkat.

Seluruh dana yang diperoleh Deutsche Bank akan menjadi kekuatan baru guna memperluas bisnis perbankan investasi khususnya di Amerika Serikat (AS).

"Kami harus mendorong berbagai strategi dan mempertimbangkan sejumlah alternatif untuk mendapatkan tambahan modal," ungkap manajemen Deutsche Bank.

Rencana penambahan dana juga membantu Deutsche Bank untuk membangun rasio kebijakan finansial mengingat Bank Sentral Eropa akan terus melakukan pemeriksaan rutin pada kesehatan setiap bank di kawasannya.

Tapi berbagai target, pemberian denda hingga upaya peningkatan laba justru menghambat manajemen untuk memperkuat modal dengan mempertahankan keuntungan sebagai acuan bisnisnya.

Meski demikian, bank ini masih terus mencari tambahan modal hingga total menjadi 8 miliar euro.

Dalam salah satu pernyataannya, Deutsche Bank berencana menerbitkan penawaran umum terbatas (right issue) senilai 6,3 miliar euro pada para pemegang saham yang ada.

Deutsche Bank mengungkapkan akan fokus pada program akselerasi pertumbuhan dengan mempekerjakan para bankir terbaik di AS, berinvestasi sebesar 200 juta euro selama tiga tahun pada perbaikan teknologi untuk operasi ritel di Jerman dan Eropa. Tak hanya itu, bank tersebut juga akan merekrut hingga 100 penasihat guna mendukung para kliennya.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya