Tiket Ludes, Kemenhub Tambah Kursi Angkutan Lebaran

Oleh Fiki Ariyanti pada 08 Mei 2014, 13:09 WIB
Diperbarui 08 Mei 2014, 13:09 WIB
Tiket Kereta Api untuk Mudik 2014 Ludes Terjual
Perbesar
Sejumlah calon penumpang antri membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta, Senin (28/4/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan menambah jumlah kursi angkutan darat, laut dan udara untuk menyambut momen lebaran tahun ini. Pihaknya juga tetap akan menyediakan transportasi khusus mengangkut kendaraan motor.

Demikian disampaikan EE Mangindaan usai Rapat Koordinasi (Rakor) Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Kursi angkutan kereta habis, dan pesawat terbang penuh. Senang saya, itu berarti bagus kereta api laku karena sudah pakai AC semua," ungkap dia di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Ludesnya kursi angkutan lebaran, kata Mangindaan, Kemenhub akan menambah kursi di beberapa moda transportasi, seperti kapal laut, kereta api, dan pesawat terbang."Karena kurang jadi harus ditambah. Pasti akan ada tambahan, nanti saya minta," ujarnya.

Diakui dia, pihaknya bakal menggelar rapat khusus untuk membahas mengenai tambahan kursi angkutan lebaran 2014. Sehingga Mangindaan belum bersedia menyebut alokasi tambahan kursi dan anggaran yang dibutuhkan untuk hal ini.

"Siang ini baru kita rapatkan, jadi kalau untuk berapa tambahan kursinya nanti saja," terang dia.

Kemenhub, menurut Mangindaan juga akan menyediakan angkutan khusus untuk menampung kendaraan motor pemudik dengan tujuan beberapa daerah di Indonesia.

"Tetap akan ada seperti tahun lalu, yakni pakai kapal laut, kereta api. Jadi motor ditaruh di angkutan itu, pemudik naik bus secara gratis," tuturnya.

Ketika dikonfirmasi mengenai kesulitan warga memperoleh tiket kereta api di beberapa stasiun, Mangindaan hanya sedikit memberikan tanggapannya. "Ya kalau kelewat banyak juga kita susah. Tapi kita berusaha untuk menampung semuanya," cetus dia.

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya