Sukses

Bappenas: Anak Muda RI Masih Tertarik Jadi Petani

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan jumlah pekerja pada sektor pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan jumlah petani sampai 280 ribu orang dalam kurun waktu setahun tidak serta merta menghilangkan potensial bisnis di sektor pertanian memudar. Penyusutan tersebut silih berganti diisi dengan angkatan kerja muda.

Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kementerian PPN/Bappenas menilai, petani yang pensiun meninggalkan ladang mayoritas dilakukan oleh kelompok usia tua.

"Jumlah petani berkurang dari orang-orang yang sudah tidak produktif. Mereka petani usia tua yang sudah tidak saatnya di lapangan. Artinya ada yang harus keluar dari angkatan kerja," jelas dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Beberapa petani yang hengkang tersebut, menurutnya, adalah petani gurem. Petani gurem merupakan petani yang hanya memiliki lahan kurang dari setengah hektare (ha) atau sekitar 1.000-2.000 meter persegi.

"Mulai migrasi dari petani gurem ke sektor jasa perkotaan. Namun selagi masih memberikan nilai tambah atau pendapatan yang lebih baik sih tidak apa," terang dia.

Diakui Rahma, banyak anak muda yang masih tertarik untuk melakoni pekerjaan di sektor pertanian. "Masih tertarik kok, karena mekanisme pertanian kan bagus untuk anak-anak SMK. Ada juga yang mengirim karyawannya magang di sektor pertanian," terang dia.  

Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan jumlah pekerja pada sektor pertanian. Data BPS menyebut, periode Februari 2013 tercatat jumlah petani 41,11 juta orang menjadi 40,83 juta petani pada Februari 2014.

"Dalam setahun terakhir, jumlah penduduk bekerja meningkat, kecuali sektor pertanian yang turun sebanyak 280 ribu orang," kata Kepala BPS Suryamin.

Menurut Suryamin, penurunan jumlah petani tersebut disebabkan peralihan profesi. Banyak di antara petani itu yang beralih menjadi pedagang kaki lima atau mengadu nasib di kota besar sebagai pengojek.

"Karena cuma punya lahan setengah ha, mereka lebih baik menjual lahannya ke orang yang lebih mampu. Mereka pilih jadi pedagang kaki lima," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini