Jero Wacik Lantik Surono Jadi Kepala Badan Geologi

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 28 Apr 2014, 16:24 WIB
Diperbarui 28 Apr 2014, 16:24 WIB
Sisi Lain Surono
Perbesar
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik melantik empat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM. Salah satu yang dilantik Jero yaitu ahli vulkanologi Surono menjadi Kepala Badan Geologi. 

Dalam sambutannya Jero menuturkan, memilih pejabat eselon I merupakan pekerjaan berat bagi seorang menteri. Pasalnya jika salah memilih, pejabat itu tidak bisa menjalankan tugas yang sudah direncanakan.

"Kalau keliru memilih eselon I maka kita tertatih-tatih, kalau benar tugas kita cepat dikerjakan," kata Jero saat melantik pejabat eselon I, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin ( 27/4/2014).

Dalam memilih eselon I, lanjut dia, tentu ada kriteria khusus yaitu harus mempunyai integritas tinggi, kapabilitas baik, dan harus bisa diterima oleh lingkungannya.

"Saya tidak mungkin mengangkat eselon satu yang ditolak lingkungannya, karena itu pejabat eselon satu harus berperilaku baik agar diterima lingkungannya," ungkapnya.

Setelah itu, Jero melanjutkan ada tim penilai akhir yang mengkur kelayakan calon pejabat eselom I tersebut. Jadi keputusan pemilihan pejabat eselon I tidak sepenuhnya di tangan menteri.

"Dipilih menteri dikirim ke tim penilai akhir ada BIN di situ, ada Setneg di situ. Kalau disetujui keluarlah Keputusan Presiden," paparnya.

Berikut empat pejabat eselon I yang baru saja dilantik Jero Wacik:

  1. Surono menjadi Kepala Badan Geologi, sebelumnya Staf Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.
  2. Djajang Sukarna menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM., sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan.
  3. Yun Yunus Kusumahbrata menjadi Staf Ahli Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, sebelumnya menjabat Sekretaris Badan Geologi.
  4. Bambang Gatot Ariyono menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM 



Tak hanya pejabat eselon I, pada hari ini Jero juga melantik anggota Dewan Energi Negeri yang dilantik untuk periode 2014-2019 yaitu:

    1. Tumiran
    2. Andang Bachtiar
    3. Achdiat Atrmawinata
    4. Syamsir Abduh
    5. Rinaldy Dalimi
    6. Abadi Poernomo
    7. Sonny Keraf
    8. Dwi Hary Soeryadi