Sukses

Bos Facebook Kini Cuma Digaji Rp 11.300 per Tahun

Sebagai pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg kini justru mendapat gaji terkecil di perusahaan yang didirikannya tersebut.

Liputan6.com, New York - Sebagai pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg kini justru mendapat gaji terkecil di perusahaan yang didirikannya tersebut. Seperti sejumlah miliarder sebelumnya, Zuckerberg mengajukan permintaan gaji tahunan sebesar US$ 1 atau Rp 11.300 pada 2013.

Seperti dikutip dari Forbes, Kamis (3/4/2014), pengajuan gaji pokok secara simbolis ini juga telah dilakukan dua bos Google, Sergey Brin dan Larry Page. Tahun ini tepat satu dekade keduanya hanya memperoleh gaji sebesar US$ 1 per tahun.

Dua tahun lalu, Zuckerberg tercatat mencetak US$ 770 ribu atau Rp 8,7 miliar dari gaji dan bonus tahunannya. Meski hanya bergaji US$ 1, faktanya para bos perusahaan raksasa ini masih menerima tunjangan, bonus, dan pendapatan dari kepemilikan sahamnya dalam jumlah sangat besar.

"Gaji sekecil itu benar-benar menandakan dirinya memiliki saham dalam jumlah sangat besar di perusahaannya masing-masing. Bayaran dan kompensasi yang diterimanya akan sangat bergantung pada saham di perusahaan," ungkap Direktur Equilar, perusahaan peneliti kompensasi pejabat eksekutif, Aaron Boyd.

Dia menjelaskan, pemilik perusahaan raksasa seperti Larry Page tentu saja tetap mendapat keuntungan tinggi mengingat dirinya merupakan pemegang saham terbesar di Google.

Tak hanya Zuckerberg, CEO Hewlett-Packard (HP) Meg Whitman dan CEO Oracle Larry Ellison juga mendapat gaji pokok senilai US$ 1. Namun tak seperti Zuckerberg, keduanya mendapat kompensasi dalam jumlah tinggi dan bukan berasal dari sahamnya.

Whitman sebenarnya mendapat US$ 17,6 juta dari kepemilikan sahamnya dan berbagai penghargaaan atas kinerjanya pada 2013. Sementara Ellison dibayar US$ 79,6 juta hampir dari seluruh investasinya.

Dividen yang dibayarkan atas saham-saham Oracle membuat Ellison sukses menambah US$ 255 juta pada pendapatan tahunannya (sebelum dikenakan pajak).

Meskipun Zuckerberg digaji hanya US$ 1, tapi dia tetap dapat bepergian dengan pesawat dan bodyguard pribadi. Perusahaan tetap mengawasi dan menjaga keamanan Zuckerberg hingga memesan pesawat untuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.