Sukses

Bandara Sepinggan akan Tambah Nama

Peresmian terminal baru bandara Sepinggan yang dilakukan pada akhir April 2014 akan ditandai juga dengan penambahan nama bandara.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal baru Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur akan mulai dioperasikan pada 22 Maret 2014 setelah proyek pengembangan selesai dilakukan. Peresmiannya baru akan dilakukan pada akhir April 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setelah Pemilihan Umum Legislatif.

"Tanggal 21 Maret itu baru persiapan untuk pengoperasian pada 22 Maret esok. Itu akan ada terima penerbangan dari Jakarta. Tapi diperkirakan akhir April resmikan terminal baru Sepinggan," ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Farid Indra Nugraha di Jakarta, Rabu (19/3).

Pada saat peresmian nanti, menurut Farid, sekaligus juga akan dilakukan penambahan nama bandara menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Nama tersebut berasal dari nama seorang bangsawan Kutai, Kalimantan Timur

"Nama sudah selesai. Kami tunggu dari Menteri Perhubungan dengan penamaan bandara baru. Menambahkan nama dari bangsawan kutai, kami terima usulan itu," lanjutnya.

Farid menjelaskan, saat pengoperasian nanti, rencana pihak Angkasa Pura akan mengundang anak yatim untuk merasakan terbang menggunakan pesawat dengan terminal yang baru tersebut.

"Jadi pengoperasian terminal yang lama bergeser ke baru. Operasi boyong 12.00 WITA. Untuk anak yatim akan sewa pesawat Garuda Indonesia untuk joy flight. Jadi terbang di atas kota Balikpapan," kata Farid.

Dengan menelan investasi mencapai Rp 1,7 triliun, bandara ini nantinya bisa menampung hingga 10 juta penumpang per tahun. Dengan demikian, bandara Sepinggan akan menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Ngurah Rai Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.