Sukses

Rekrut Banyak Wanita, Untung Perusahaan Bisa Berlipat Ganda

Rata-rata imbal hasil perusahaan bisa lebih tinggi mencapai 47% jika 25% community executive perusahaan adalah perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggambarkan pentingnya peran seorang perempuan dalam suatu perusahaan, organisasi maupun bisnis. Bahkan peran perempuan ini bisa mendongkrak kinerja saham dan keuntungan perusahaan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam acara Citibank Apresiasi Peran Perempuan Dalam UMKM mengatakan Indonesia perlu memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) kaum wanita dalam kehidupan sehari-hari. Alasannya, perempuan bisa berkontribusi positif bagi perekonomian suatu negara serta perusahaan.

"Berdasarkan hasil studi dari beberapa penelitian, rata-rata imbal hasil (rate of return) perusahaan bisa lebih tinggi mencapai 47% jika dalam sebuah perusahaan ada 25% community executive-nya adalah perempuan," terang dia di kantor Citibank, Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Hasil studi lain juga menyebutkan EBUTDA atau marjin perusahaan dapat mencapai 50% lebih tinggi apabila perusahan merekrut lebih banyak perempuan sebagai karyawannya.

"Jika perusahaan menempatkan satu perempuan dalam jajaran direksinya, harga saham akan lebih tinggi dibandingkan jika perusahaan tidak punya perempuan dalam management on board," tegasnya.

Diakui Mari, hambatan paling krusial yang dialami pekerja perempuan adalah peran ganda sebagai seorang istri dan ibu. Dengan kapasitasnya, seorang pekerja perempuan harus siap bekerja 24 jam dalam tujuh hari sama seperti pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini