Penting! Catat 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Berbelanja Online

Oleh Gloria Trivena May Ary pada 28 Sep 2022, 08:57 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 09:00 WIB
Penting! Catat 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Berbelanja Online
Perbesar
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja secara online di era serba digital ini jadi sesuatu yang sangat digemari. Langkahnya yang mudah dan bisa dilakukan dari mana saja, membuat sejumlah platform belanja online jadi serbuan jutaan orang. Apalagi, saat ini kasus Covid-19 masih tetap eksis walau makin menipis. Sehingga, membuat toko online jadi opsi terbaik untuk membeli suatu segala keperluan.

Dari toko online, berbagai kebutuhan bisa ditemukan dan dibeli tanpa harus keluar rumah. Proses transaksinya juga tergolong praktis dan tinggal memakai jari saja. Tapi, sebelum memastikan barang yang ingin dibeli atau toko online apa yang disinggahi, Anda wajib tahu dulu beberapa hal penting ini. Penasaran? Berikut adalah 4 aspek yang perlu diperhatikan bila ingin berbelanja secara online. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

1. Harga yang Ditawarkan

Penting! Catat 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Berbelanja Online
Perbesar
(c) Shutterstock

Dalam berbelanja di toko online, penting sekali untuk melakukan analisis harga terhadap produk yang ditawarkan. Melakukan riset terhadap nilai jual sebuah barang, bisa membantu untuk menghitung untung-ruginya saat bertransaksi. Selain itu, dengan adanya harga yang dipatok oleh pihak penjual, Anda juga bisa mengetahui kredibilitas yang mereka miliki.

Jika sebuah barang memiliki harga yang jauh lebih murah dari pasarannya, maka perlu sekali untuk berhati-hati. Pasalnya, produk tersebut bisa jadi memiliki kualitas yang buruk, atau bisa juga penipuan dengan kedok menjual barang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan analisis harga dengan membandingkan satu toko online dengan toko lainnya.

2. Mengetahui Reputasi Penjual

Penting! Catat 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Berbelanja Online
Perbesar
(c) Shutterstock

Hampir semua platform belanja online saat ini menerapkan fitur penilaian bagi para penjual. Umumnya, penilaian ini diberikan secara langsung oleh setiap pembeli sebagai ekspresi puas atau tidaknya atas produk yang ditawarkan. Sehingga, reputasi pemilik toko dalam melakukan berbagai transaksi bisa diketahui.

Berbagai rating dan ulasan yang diberikan oleh pembeli juga bisa menjadi tolak ukur dalam memilih sebuah toko online. Apabila sebuah tempat belanja mendapatkan rating yang tinggi, maka besar kemungkinan barang yang dijajakan memiliki kualitas yang bagus. Namun, jika nilainya rendah dan terdapat banyak komentar negatif, maka sebaiknya dihindari agar tidak merugikan diri sendiri. 

3. Melihat Deskripsi Produk

Penting! Catat 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Berbelanja Online
Perbesar
(c) Shutterstock

Memilih sebuah produk juga perlu melihat deskripsi yang tersedia. Bila spesifikasi barang yang diberikan oleh penjual sudah sesuai dengan penjelasan aslinya, maka proses transaksi bisa terus dilanjutkan. Namun, jika ada yang kurang cocok, mungkin bisa ditanyakan dahulu kepada pedagang lewat layanan chat yang disiapkan.

Membaca deskripsi pada produk juga bisa memberikan gambaran mengenai spesifikasi, kelebihan, dan unique selling point yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa memahami seberapa bagus mutu dan kualitas dari item yang ditawarkan. Sehingga, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan, apakah barang tersebut yang sedang dicari atau tidak. 

4. Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Penting! Catat 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Berbelanja Online
Perbesar
(c) Shutterstock

Memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku merupakan aspek lainnya yang perlu dilakukan. Umumnya, sebuah toko akan memberikan informasi tertentu seperti garansi, diskon, cashback, dan sebagainya melalui kedua hal ini. Selain itu, ada pula syarat dan ketentuan yang menjamin keaslian barang yang diperdagangkan.

Jika produk yang dibeli dan diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang ada, maka Anda bisa melakukan refund atau pergantian item melalui syarat dan ketentuan dari pihak penjual. Namun, itu juga tergantung kebijakan yang dimiliki oleh setiap toko. Karena ada beberapa toko yang mensyaratkan hal tersebut, tapi ada juga yang tidak.

Dengan mengetahui beberapa hal seperti di atas, Anda bisa jadi lebih bijak dan cerdas dalam memilih produk dan toko online saat berbelanja. Sehingga nantinya, barang yang dibeli pun akan sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Jadi, tak ada lagi perkara merugi atau ditipu. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya