Asian Para Games 2018: Indonesia Berpeluang Tambah Dua Emas dari Bulu Tangkis Hari Ini

Oleh Thomas pada 12 Okt 2018, 10:15 WIB
banner Asian Para games 2018

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berpeluang menambah setidaknya dua medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis pada Asian Para Games 2018 hari ketujuh, Jumat (12/10/2018). Ada dua wakil Indonesia yang tampil di final hari ini di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Wakil Indonesia sebelumnya sudah mempersembahkan satu medali emas bagi kontingen Merah Putih lewat nomor beregu putra pada Minggu (7/10) pekan lalu. 

Leani Ratri Oktila bakal lebih dulu bertanding saat melakoni partai final tunggal putri SL4 melawan wakil China, Cheng Hefang, dalam pertandingan yang dijadwalkan dimulai pukul 14.00 WIB.

Kendati menelan kekalahan di pertemuan terakhir melawan Cheng pada partai final Kejuaraan Dunia Para-Bulu Tangkis 2017 di Ulsan, Korea Selatan, Ratri --yang kini menjadi unggulan pertama turnamen-- memiliki bekal yang tak dimilikinya tahun lalu, yakni persiapan selama 10 bulan lamanya.

Ratri juga akan kembali turun membela Indonesia pada partai final ganda putri SL3 -SU5 berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko menghadapi Cheng yang bakal berpasangan dengan Ma Huhui pada pertandingan yang dijadwalkan dimulai pukul 17.00 WIB.

Sebagaimana di nomor tunggal SL4, dalam Ratri/Khalimatus juga kalah dari Cheng/Ma kala bertemu di babak semifinal Kejuaraan Dunia Para-Bulu Tangkis 2017.

Khalimatus, selepas memastikan tempat di final pada Kamis (11/10), menegaskan kembali faktor persiapan yang dikantongi bakal menjadi pembeda dibanding 10 bulan lalu.

Sebelum melakoni partai final ganda putri SL3-SU5, Ratri dan Khalimatus akan berhadapan satu sama lain di pertandingan semifinal ganda campuran SL3-SU5 pada pukul 15.45 WIB. Ratri berpasangan dengan Hary Susanto, sedangkan Khalimatus bersama Hikmat Ramdhani.

Hikmat juga akan turun di partai semifinal tunggal putra SL4 menghadapi sesama wakil Indonesia lainnya, Fredy Setiawan, pada pukul 14.15 WIB, bersamaan dengan pertandingan semifinal tunggal putra SL3 yang dilakoni andalan Indonesia, Ukun Rukaendi, melawan unggulan pertama asal India, Manoj Sarkar.

Selepas menghadapi Hikmat, Fredy juga akan berlaga di semifinal ganda putra SL3-SL4 pada pukul 17.15 berpasangan dengan Dwiyoko melawan pasangan India Pramod Bhagat/Manoj Sarkar.

 *Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

2 of 3

Dheva Anrimusthi

Banner Asian Para Games 2018
Banner Asian Para Games 2018 (Liputan6.com/Abdillah)

Penentu emas perdana Indonesia, Dheva Anrimusthi, juga akan bertanding di semifinal tunggal putra SU5 melawan unggulan pertama asal Malaysia, Cheah Liek Hou, pada pukul 16.15 WIB. Dheva punya bekal manis kemenangan di Thailand Terbuka atas Cheah.

Meski Dheva harus berjuang melewati Cheah, Indonesia sudah memastikan wakil di final tunggal putra SU5, lantaran partai semifinal lainnya, mempertemukan dua Oddie Kurnia Dwi Listyanto melawan Suryo Nugroho.

Oddie dan Suryo kemudian akan berbagi lapangan saat meladeni pasangan Malaysia Cheah Liek Hou/Hoirul Fozi Saaba untuk semifinal ganda putra SU5 pada pukul 17.15 WIB.

Jika melaju, Suryo/Oddie berpeluang mewujudkan partai All-Indonesian Final di nomor tersebut, lantaran partai semifinal lainnya mempertemukan Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah Prawiranegara dengan pasangan Malaysia lainnya Mohammad Faris Ahmad Azri/Amyrul Yazid Ahmad Sibi pada pukul 18.00 WIB.

Kontingen Indonesia saat ini menempati peringkat keenam dalam daftar perolehan medali dengan catatan 24 medali emas, 33 perak dan 39 perunggu.

3 of 3

Jadwal

Banner Asian Para games 2018
Asian Para games 2018

Berikut adalah jadwal pertandingan kontingen Indonesia dalam cabang olahraga bulu tangkis Asian Para Games 2018 pada Jumat (jadwal mulai, atlet, lawan, babak-nomor-kelas):

14.00 WIB: Leani Ratri Oktila vs Cheng Hefang (China) - Final tunggal putri SL4 14.15 WIB: Ukun Rukaendi vs Manoj Sarkar (India) - Semifinal tunggal putra SL3

14.15 WIB: Hikmat Ramdhani vs Fredy Setiawan - Semifinal SL4

15.45 WIB: Hary Susanto/Leani Ratri Oktila vs Hikmat Ramdhani/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko - Semifinal ganda campuran SL3- SU5

16.15 WIB: Dheva Anrimusthi vs Cheah Liek Hou (Malaysia) - Semifinal tunggal putra SU5 16.30 WIB: Oddie Kurnia Dwi Listyanto vs Suryo Nugroho - Semifinal tunggal putra SU5 16.30 WIB: Warining Rahayu vs Lam Tsz Huen (Hong Kong) - Pemeringkatan tunggal putri SU5

17.00 WIB: Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko vs Cheng Hefang/Ma Huhui - Final ganda putri SL3-SU5

17.15 WIB: Fredy Setiawan/Dwiyoko vs Pramod Bhagat/Manoj Sarkar (India) - Semifinal SL3 -SL4

17.45 WIB: Suryo Nugroho/Oddie Kurnia Dwi Listyanto vs Cheah Liek Hou/Horiul Fozi Saaba (Malaysia) - Semifinal ganda putra SU5 18.00 WIB: Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah Prawiranegara vs Mohammad Faris Ahmad Azri/Amyrul Yazid Ahmad Sibi (Malaysia) - Semifinal ganda putra SU5

Lanjutkan Membaca ↓