Komite Paralympic Asia Puji Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Indonesia

Oleh Luthfie Febrianto pada 30 Sep 2018, 14:45 WIB
Diperbarui 30 Sep 2018, 14:45 WIB
Obor Asian Para Games
Perbesar
Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari memberikan sambutan saat pawai obor Asian Para Games 2018 di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (30/9). Asian Para Games akan berlangsung 6-13 Oktober 2018 di Jakarta dan Palembang. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan kirab obor Asian Para Games 2018 mendapat pujian dari Asia Paralympic Comittee (APC). Itu dikatakatan Ketua Umum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari saat upacara penyambutan obor Asian Para Games 2018 di Balaikota DKI Jakarta, Minggu (30/9/2018).

"Kami mendapat apresiasi dari Asia Paralympic Comitte. Menyatakan animo masyarakat di Indonesia jauh lebih tinggi dari dua negara sebelumnya," ujar Raja Sapta.

Obor Asian Para Games 2018 akhirnya tiba di Jakarta setelah melewati tujuh kota di Indonesia. Obor tersebut disambut meriah di Balaikota DKI dengan beragam upacara khas Betawi.

Selain Inapgoc, beberapa pejabat juga hadir seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ketua KPK, La Ode Syarif, serta Ketua Asosiasi Paralympic DKI Jakarta, Welly M. Fernandus.

Obor kemudian diarak dari Balaikota ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dari sana, obor lalu dibawa ke sejumlah titik di Jakarta antara lain Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga di kawasan Senayan.

"Akhirnya, obor Asian Para Games tiba di Jakarta. Setelah dari tanggal 5 September, api dinyalakan dari Merapen. Setelah itu ke Solo, 9 September ketika Hari Olahraga Nasional kita bawa ke Ternate. Dari situ ke Makassar, Bali, Pontianak, dan Pangkal Pinang," kata Raja Sapta.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Peserta Terbanyak

Obor Asian Para Games
Perbesar
Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari (kiri) menyerahkan api obor Asian Para Games 2018 kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (30/9). Api obor ini akan diarak di 17 titik lokasi di Ibu Kota. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Lebih lanjut, Raja Sapta menuturkan kalau jumlah atlet dan negara peserta Asian Para Games 2018 adalah yang terbanyak. Menurut Raja Sapta, jumlah atlet yang ikut lebih dari dua ribu orang.

"Sebanyak 2831 atlet telah terdaftar. Dari jumlah peserta, 43 negara sudah resmi terdaftar," kata Raja Sapta.

3 dari 3 halaman

Galang Dana

Lebih lanjut, Raja Sapta juga menuturkan pihaknya akan menggalang dana untuk korban bencana alam di Lombok dan Sulawesi Tengah.

"Dalam rangkaian kegiatan kami, insyaallah kami gunakan momentum untuk mengumpulkan dana bencana alam Lombok dan Sulawesi Tengah," kata Raja Sapta mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓