Sukses

Purwadi Ingin Voli Duduk Indonesia Tembus Semifinal Asian Para Games

Purwadi memastikan, tim voli duduk putra Indonesia sudah siap berjuang di Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Atlet voli duduk putra, Purwadi memendam hasrat besar untuk Indonesia di ajang Asian Para Games 2018 yang berlangsung pada 6 hingga 13 Oktober mendatang.

Purwadi memastikan, tim voli duduk putra Indonesia sudah siap berjuang di Asian Para Games 2018. Setelah menjalani pemusatan latihan di Kota Solo, Jawa Tengah, kini mereka fokus berlatih di lantai 8 GBK Arena, Jakarta.

Program latihan difokuskan pada simulasi pertandingan untuk meningkatkan mental bertanding pada atlet sebelum menghadapi laga perdana Asian Para Games, 7 Oktober nanti.

Dengan program yang sudah ada, Purwadi optimistis timnya mampu membawa voli duduk Indonesia berbicara banyak di pentas Asian Para Games.

"Target? Pasti juara menjadi target utama dari dalam diri pribadi. Namun, untuk sementara kita bidik semifinal sebagai titik aman pertama," kata Purwadi saat ditemui di The Hook Restaurant and Cafe, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Berbicara soal lawan di kawasan Asia, Purwadi menyebut ada tiga negara yang patut diwaspadai tim voli duduk Indonesia.

"Lawan terberat tentu masih Iran sebagai juara dunia, lalu ada Tiongkok dan Korea Selatan," ujar atlet Asian Para Games asal Sragen, Jawa Tengah tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Malu

Purwadi mengisahkan dirinya kehilangan sebagian kaki kanannya setelah mengalami kecelakaan motor saat masih duduk di kelas 3 Sekolah Teknik Menengah. Saat kakinya harus diamputasi, dia merasa frustrasi.

"Malu sudah pasti. Perubahan fisik mempengaruhi mental. Dan itu harus dikuatkan dulu. Namun saya merenung kalau seperti ini terus saya tidak pernah keluar dan bisa saja bunuh diri," katanya.

Nasib baik menghampiri Purwadi. Ditengah keterpurukannya menghadapi perubahan fisik, dia mendapat binaan dari Departemen Sosial yang memberinya banyak pelajaran tentang keterampilan.

"Dari sana, saya dapat banyak teman dan sharing. Teman-teman saya banyak yang suka olahraga, akhirnya saya terjun juga."

Dari pertemuan itu Departemen Sosial, Purwadi menyadari, para difabel tidak perlu minder dengan keadaan fisiknya. Purwadi berharap orang sepertinya tak perlu malu dengan perbedaan.

"Saran saya, terutama bagi orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus, saya harap mengizinkan anaknya untuk terjun ke dunia olahraga atau yang lain. Jangan pernah malu, harus berani dan semangat untuk mengubah nasib," ujarnya mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.