Mengenal Lawn Bowls, Olahraga Bowling Lapangan di Asian Para Games

Oleh Muhammad Ali pada 18 Sep 2018, 08:50 WIB
Diperbarui 18 Sep 2018, 08:50 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cabang olahraga yang baru pertama kali dipertandingkan di ajang Asian Para Games 2018 adalah lawn bowls. Berbeda dengan bowling yang berada di dalam ruangan, lawn bowls ini bertanding di luar ruangan.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa  (18/9/2018), lawn berarti lapangan rumput dan bowl artinya bola gelinding. Lawn bowls bisa disebut juga olahraga serupa bowling yang dimainkan di lapangan terbuka.  

Jika bowling dalam ruangan menggunakan pin sebagai target sasaran, olahraga yang berasal dari Australia ini justru menggunakan sasaran yang disebut bola jack.

Permainan lawn bowls tidak semudah yang terlihat karena bola besar yang digelindingkan ke arah bola jack bukan berbentuk bulat sempurna melainkan sedikit pipih.  

Bertempat di lapangan hoki, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, timnas lawn bowls Indonesia menggelar atau pelatnas. 

Asian Para Games di Jakarta, akan menjadi aksi perdana mereka di ajang olahraga multicabang bagi penyandang disabilitas. (Karlina Sintia Dewi)