Sukses

Usai Asian Games 2018, Sulsel Maksimalkan Pembinaan Atlet Muda

Sulsel tak mau kehilangan bakat terbaik yang jadi penerus untuk atlet-atlet senior yang sudah main di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Sulawesi Selatan (Sulsel) kerap menjadi penyumbang atlet untuk Indonesia di event olahraga internasional seperti SEA Games dan Asian Games 2018. Pada Asian Games lalu, Sulsel menyumbangkan 17 atlet.

Namun, dalam beberapa pelaksanaan kejuaraan internasional, atlet yang mendapat kepercayaan bergabung dalam tim Indonesia pada umumnya atlet yang sudah lama atau berstatus senior. Ini pula yang terlihat di Asian Games 2018 lalu.

Sebut saja Anwar Tarra (dayung), Nofrizal (sepak takraw), ataupun beberapa nama yang kini sudah begitu senior, seperti Faisal Zainuddin (karate), Hendro Salim (karate), Fidelys Lolobua (karate), Isnawati Sir Idar (anggar), Muhammad Haerullah (anggar) yang dalam beberapa kejuaraan internasional selalu mendapat kepercayaan.

Dengan usia yang tidak muda lagi memaksa mereka harus menerima kodrat manusia. Pada saatnya mereka juga harus pensiun sebagai atlet atau paling tidak bisa membagikan pengalamannya dengan menjadi pelatih.

Kondisi itu tentu menjadi ancaman dan bahkan sudah cukup dirasakan oleh Sulsel saat berlaga di ajang kejurnas, termasuk pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Dominasi Sulsel di beberapa cabang sebelumnya, seperti anggar, dayung, karate ataupun selancar angin, kini telah mengalami penurunan dan berdampak pada prestasi Sulsel di ajang nasional. Ini tentu menjadi catatan tersendiri dalam menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada Minggu (9/9/2018).

Hal itu juga sekaligus menjadi perhatian Provinsi Sulawesi Selatan dengan berupaya memperbanyak dan mengintensifkan pelaksanaan kejuaraan usia muda, termasuk dengan menggelar kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) yang tahun ini dipusatkan di GOR Sudiang Makassar, 4-8 September.

Untuk kegiatan ini diikuti 24 kabupaten/kota di Sulsel. Sebanyak 932 peserta yang hadir terdiri dari atlet Popda (714 orang), pelatih dan ofisial Popda (158 orang), atlet Peparpeda (48 orang) bersama 12 orang pelatih.

Seluruh atlet akan berlaga di sejumlah cabang olahraga, seperti untuk Popda sebanyak lima cabang, masing-masing bola voli, bola basket, sepak takraw, tinju dan judo.

Sementara untuk Peparpeda juga mempertandingkan lima cabang olahraga, yakni atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja dan catur.

"Tujuan dari pelaksanaan ini tentunya sebagai wadah untuk memupuk dan menggali aset dan potensi atlet dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan," kata ketua panitia yang juga Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sulsel, Sabaruddin seperti dikutip antara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batasi Usia

Sementara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan memberikan batasan usia atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel di Kabupaten Pinrang, 23-30 September 2018.

Adapun tujuan pembatasan usia atlet, tentu saja untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi atlet muda dari 24 kabupaten/kota di Sulsel untuk menunjukkan potensi yang dimiliki.

"Jadi untuk Porprov Sulsel, kami sengaja memberikan batas usia maksimal 23 tahun untuk seluruh atlet," kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Sulsel Abraham Razak.

Selain pembatasan usia maksimal, KONI Sulsel juga memberikan syarat bahwa atlet yang berlaga di Porda itu merupakan atlet baru. Artinya atlet yang belum pernah memperkuat Sulsel di ajang nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) serta kejuaraan internasional.

Keputusan itu diharapkan membuat atlet lebih semangat untuk meningkatkan kualitas mereka di daerah masing-masing, sebab mengetahui jika lawan yang akan dihadapi bukan atlet yang sudah punya nama.

Dengan kekuatan yang lebih merata, diharapkan membuat persaingan atlet semakin terbuka. Atlet juga akan berupaya lebih keras lagi untuk saling mengalahkan demi bergabung dalam tim Sulsel ke depan.

Begitupun dengan KONI Sulsel yang berharap dengan kebijakan aturan ini dapat melahirkan semakin banyak atlet baru yang bisa direkomendasikan memperkuat tim Sulsel menghadapi berbagai ajang kedepan.

3 dari 3 halaman

Daftar Atlet Sulsel

Daftar atlet Sulsel yang mampu menyumbangkan medali bagi timnas Indonesia di Asian Games 2018 yakni:

1. Muh Hardiansyah Muliang yakni 1 emas, 1 perak, 2 perunggu (sepak takraw)

2. Nofrizal yakni 1 emas, 1 perak , 2 perunggu (sepak takraw)

3. Anwar Tarra yakni 1 perak, 1 perunggu (Kano/Kayak Sprint)

4. Syahrul Saputra yakni 1 perak, 1 perunggu (Kano/Kayak Sprint)

5. Sulfianto perak (rowing dayung)

6. Andi Tri Sandi Saputra yakni 1 perunggu (sepak takraw).

7. Kusnelia yakni perunggu dari sepak takraw

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.