Sukses

Asian Games 2018: 4 Rencana Atlet Usai Dapat Bonus Rp 1,5 Miliar

Pemerintah menyiapkan bonus miliaran rupiah bagi atlet yang berprestasi di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang baru saja usai. Indonesia mencetak sejarah selama keikutsertaan pesta olahraga terbesar se-Asia itu. 

Indonesia bertengger di posisi 4 dengan perolehan 98 medali di Asian Games 2018. Terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 medali perunggu.

Sebagai wujud apresiasi untuk atlet-atlet Asian Games yang telah mengharumkan Indonesia, pemerintah sudah menyiapkan bonus miliaran rupiah.

Khusus peraih medali emas Asian Games, pemerintah memberikan bonus Rp 1,5 miliar untuk perorangan, pasangan atau ganda mendapatkan Rp 1 miliar per orang, serta Rp 750 juta per orang buat beregu. Tanpa menunggu lama, bonus miliran sudah di tangan. Presiden Joko Widodo yang membagikan langsung uang bonus tersebut dalam bentuk tabungan.

Dengan bonus yang diterima, para atlet tersebut sudah memiliki rencana untuk memanfaatkan bonus tersebut. Mulai dari investasi sampai membuka usaha, berikut ceritanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pergi Haji dan Bangun Tempat Latihan

Defia Rosmaniar merupakan atlet taekwondo Indonesia yang berhasil menyumbang emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018. Bonus sebesar Rp 1,5 miliar sudah diterima. Bonus itu akan digunakan Defia untuk membahagiakan keluarga dan mau pergi naik haji bersama ibunya.

"Bonus itu, pertama aku mau buat tabungan haji untuk mamah. Mau invest juga. Insyaallah mau buat dojang (tempat latihan seni taekwondo)," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

2. Hanifan Akan Berangkatkan Orangtuanya Umroh dan Haji

Sama dengan Defia, atlet cabang olahraga silat Hanifan Yudani Kusumah akan menggunakan bonus Rp 1,5 miliar itu untuk menunaikan ibadah umrah dan haji bagi orangtuanya.

"Untuk haji insyaallah kedua orangtua saya dan umrah bareng untuk keluarga," kata Hanif di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/8/2018).

Tidak hanya itu, Hanif tak lupa menggunakan bonus yang diterimanya untuk zakat. "Pertama ya zakat dulu dong 2,5 persen ya kewajiban," ucap Hanif.

4 dari 5 halaman

3. Membuka usaha

Wewey Wita, atlet pencak silat peraih medali emas Asian Games 2018 ini juga telah menerima bonus dari pemerintah sebesar Rp 1,5 miliar dan tawaran menjadi PNS. Wewey mengaku, uang tersebut akan disisihkan untuk beramal dan membuka usaha agar membantu ekonomi keluarga.

"Yang jelas bonus ini akan saya tabung untuk keluarga, dan rencananya saya akan membuka usaha," kata atlet peraih emas Wewey Wita.

5 dari 5 halaman

4. Disumbangkan untuk Korban Gempa Lombok

Atlet bulu tangkis Jonatan Christie juga berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia dan mendapat bonus Rp 1,5 miliar. Dari bonus yang dia terima, Jojo sapaan akrabnya akan mendonasikan sebagian untuk korban gempa bumi di Lombok, NTB.

"Sebelum bertanding di Asian Games 2018, Saya bernazar jika saya menang saya ingin mendonasikan sebagian bonus yang saya dapat dari pemerintah untuk membantu korban gempa Lombok. Saya sangat sedih melihat ratusan ribu saudara sebangsa di Lombok terpaksa harus tinggal di pengungsian karena rumah tempat tinggal mereka sudah rata dengan tanah," tulis Jojo di akun Instagram-nya @jonatanchristieofficial.

Reporter : Syifa Hanifah

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.