Sukses

Daftar Polri atau TNI, Peraih Medali Asian Games 2018 Akan Langsung Diterima

Para atlet Indonesia yang memperoleh medali di Asian Games 2018 mendapat perlakuan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sekaligus CdM Asian Games 2018, Syafruddin memastikan para peraih medali Asian Games bisa menjadi polisi atau TNI tanpa tes.

Status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), kata dia, menjadi komitmen dari pemerintah sekaligus bentuk dukungan kepada para atlet yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa melalui ajang Asian Games 2018.

"Masuk ASN, masuk TNI, masuk Polri, bebas bagi atlet untuk memilihnya, tanpa tes. Silakan yang ingin menjadi Polri dan TNI, langsung diterima," ucap Syafruddin.

Pemerintah memang menjanjikan bonus bekerja sebagai PNS bagi peraih medali emas, perak maupun perunggu di Asian Games 2018.

"Saya Menteri PAN-RB, keputusan sudah ada, jadi yang mendapatkan medali, emas, perak dan perunggu sudah bisa jadi PNS. Langsung tanpa tes," ujar Syafruddin.

Dia mengatakan, ini menjadi bentuk apresiasi pemerintah kepada para atlet yang sudah berjuang di Asian Games. Terlebih lagi, para atlet telah melampaui target.

Pada Asian Games 2018, Indonesia finis di posisi keempat. Kontingen Indonesia mendulang 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Menyangka

Syafruddin sempat tak menyangka Indonesia bisa melampaui target Asian Games 2018. Kontingen Indonesia ditargetkan meraih 16 medali emas untuk berada di posisi 10 besar.

"Saya bahagia. Tapi saya juga sempat tak menyangka kita bisa berada di posisi empat besar," kata Syafruddin.

"Kita sudah memberikan prestasi terbaik di Asian Games 2018. Finish di posisi empat besar itu sebuah kejutan yang tidak terduga," ujar mantan Wakapolri itu.

 

3 dari 3 halaman

Bersiap SEA Games 2019

Usai berlaga di Asian Games, Indonesia diketahui harus bersiap mengikuti SEA Games di Filipina pada 2019 dan Olimpiade 2020 di Jepang.

"Para atlet sebaiknya langsung try out. Kita harus merebut juara di SEA Games 2019 meski kita tidak tuan rumah. Kita harus optimistis, karena support dan dukungan kuat dari seluruh anak bangsa itu sangat dahsyat," ucap Syaffruddin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.