Sukses

Asian Games 2018: Son Heung Min Melengos Pergi Kala Ditanyai Wajib Militer di Korsel

Son Heung Min menolak berbicara terkait wajib militer di Korsel usai meraih medali emas Asian Games 2018.

Liputan6.com, Bogor - Son Heung Min bersuka cita. Semalam, Sabtu (1/9/2018), kapten Korea Selatan U-23 ini membawa negaranya menjadi yang terbaik di cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018.

Bintang Tottenham Hotspur itu membantu Korsel mengalahkan Jepang 2-1 lewat babak perpanjangan waktu. Pasalnya dalam waktu normal, kedua negara bermain imbang 0-0.

Makna medali emas untuk Son dan kawan-kawan bukan hanya sekedar juara. Lebih dari itu, skuat Korsel terbebas dari peraturan mengikuti wajib militer (wamil) di Negeri Ginseng.

Setiap pria rentang 19-35 tahun di Korsel harus menjalani wamil kurang lebih selama 21 bulan. Dengan begitu, karier para pemain bakal terancam dengan klubnya masing-masing. Termasuk untuk Son, yang tengah menikmati puncak karier bersama Tottenham Hotspur.

Syarat mengikuti wamil penuh bakal gugur dengan dua cara. Pertama, Korsel dapat melaju hingga semifinal Piala Dunia. Lainnya, yang sedang dinikmati Son sekarang. Membawa pulang medali emas sepak bola Asian Games 2018.

Hanya saja, memenangi Asian Games 2018 bukan berarti Son bakal benar-benar terbebas dari wamil. Skuat Korsel tetap wajib mengikuti ketentuan tersebut. Namun, rentang waktunya dikurangi. Hanya 4 - 8 minggu.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Son Melengos Pergi

Usai pertandingan, puluhan pewarta menunggu Son di mixed zone Pakansari. Saat ditanyai soal kebebasan mengikuti wajib militer, Son melengos menjauhi wartawan.

Son nampaknya masih enggan untuk membicarakan wamil. Pemain berusia 26 tahun itu sepertinya masih terlarut dengan euforia menjuarai Asian Games 2018.

3 dari 3 halaman

Kebahagiaan Son

Sebelum menjauhi wartawan, Son sempat berbicara sepatah dua kata terkait keberhasilan Korsel merebut medali emas Asian Games 2018. Eks personil Bayer Leverkusen ini mengaku bangga dengan perjuangan rekan setimnya.

"Luar biasa perjuangan kami setelah main selama 120 menit. Sedikit lelah tentu saja. Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan setim saya yang hebat," imbuh Son.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.