Sukses

Susunan Upacara Penutupan Asian Games 2018

Closing ceremony Asian Games lebih sederhana bila dibandingkan pada saat pembukaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tak hadir di closing ceremony Asian Games 2018. Namun demikian, upacara pentupan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018) dipastikan tetap berjalan meriah.

Berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com, closing ceremony Asian Games lebih sederhana bila dibandingkan pada saat pembukaan. Closing ceremony ini mengusung tema: 'Terima Kasih'.

Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan oleh 4 Paskibraka dan The Resonanz, dilanjutkan dengan marching band dari Akademi Kepolisian dan Akademi Militer.

Kemudian dilanjutkan dengan parade kontingen yang tampil di Asian Games, pembawa plakat dan pembawa bendera 45 negara peserta secara berurutan. Parade kontingen ini akan dimulai dari Afganistan dan diakhiri dengan kontingen tuan rumah Asian Games, Indonesia.

Tamu-tamu VIP pun dipastikan datang seperti Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah secara bergantian akan berpidato.

Acara puncak penutupan Asian Games 2018 akan dilakukan secara simbolis dengan penurunan bendera OCA. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima bendera OCA yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan Ketua INASGOC Erick Thohir kepada Presiden OCA.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

JK Padamkan Api Asian Games

Kemudian, Presiden OCA akan menyerahkan bendera OCA kepada dua delegasi China yang menjadi tuan rumah Asian Games 2022, diiringi penaikan bendera dan pemutaran lagu kebangsaan China. Empat tahun mendatang kota Hangzhou akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022.

Selanjutnya, Jusuf Kalla akan menuju pemadaman api cauldron. Api cauldron di exterior GBK akan dipadamkan dengan diiringi lagu dan dancer.

Upacara penutupan Asian Games 2018 akan ditutup dengan konser musik. Band lokal hingga luar negeri akan tampil seperti, Gigi, Siddarth Slathia, Denada, iKON, Siti Badriah, Winky WIryawan, Jevin Julian, RAN, BCL, Jflow, DIra Sugandi, Super Junior, Alffy Rev, Ade Govinda, Irfan Samsons, Afgan, Onframe, dan JFC.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Susunan Acara

19.00 WIB: Kedatangan tamu VIP

19.10 WIB: Parade kontingen

19.35 WIB: Pidato Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah

20.05 WIB: Konser musik

21.00 WIB: Pesta Kembang Api

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.