Sukses

Rahasia Tim Estafet Indonesia Bisa Raih Medali Perak di Asian Games 2018

Pelatih atletik Indonesia, Eni Nuraini, menyebut seni pertukaran tongkat antarpemain jadi kunci keberhasilan Lalu Muhammad Zohri dkk meraih medali perak Asian Games 2018.

Jakarta - Pelatih tim atletik Indonesia, Eni Nuraini, terkesan dengan pencapaian tim estafet 4x100 meter putra di Asian Games 2018. Menurut Eni, keberhasilan Lalu Muhammad Zohri dkk meraih perak terletak pada teknik pertukaran tongkat.

Pada perlombaan tersebut, tim estafet Indonesia 4x100 meter putra diperkuat Fadlin sebagai pelari pertama, disambung Lalu Muhammad Zohri, Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara. Pada babak final tersebut, tim Indonesia berhasil finis dengan catatan waktu 38,77 detik

Catatan waktu tersebut sudah cukup mengantarkan Indonesia meraih medali perak. Adapun medali emas diraih Jepang dengan catatan waktu 38,16 detik dan China mendulang perunggu. 

"Memang untuk mempersiapkan empat orang ini semua untuk menjadi satu, satu tujuan, tidak mudah. Jadi, pada setiap latihan, setiap hari, kami selalu berdiskusi," kata Eni Nuraini.

"Terutama perpindahan tongkat dari pelari pertama ke dua, dari dua ke tiga, dan tiga ke empat apakah dengan jarak segitu sudah cocok atau belum. Di antara mereka juga bisa memperbaiki pertukaran tongkat itu. Memang rahasianya di estafet adalah pertukaran tongkat," ujar Eni Nuraini.

Sementara itu, Fadlin mengatakan kekompakan jadi kunci agar pertukaran tongkat berlangsung mulus. Faktor inilah yang harus terus diasah agar bisa percaya satu sama lain.

"Kuncinya agar perpindahan tongkat mulus adalah kebersamaan tim dan juga kekompakan. Selain itu, kami satu sama lain juga sudah sama-sama paham keinginan teman. Selain itu, yang terpenting juga harus percaya satu sama lain," ucap Fadlin.

Medali perak ini menjadi yang kedua diraih Indonesia dari nomor estafet 4x100 meter sepanjang keikutsertaan di Asian Games. Terakhir, medali perak tersebut diraih pada Asian Games 1966 oleh Soepardi, Agus Sugiri, Bambang Wahjudi, dan Jootje Pesak Oroh.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.