Asian Games 2018: Tim Silat Indonesia Lelang Jersey untuk Korban Lombok

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 30 Agu 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 30 Agu 2018, 13:00 WIB
Selebrasi Pipiet Kamelia Sabet Emas Pencak Silat Asian Games 2018
Perbesar
Pesilat Indonesia Pipiet Kamelia berselebrasi membawa bendera Merah Putih usai mengalahkan Thi Cam Nhi Nguyen dari Vietnam pada final nomor 60-65 kg putri pencak silat Asian Games 2018, Jakarta, Rabu (29/8). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Tim Pencak Silat Indonesia resmi jadi juara umum di Asian Games 2018. Itu karena mereka sukses meraup 14 medali emas dari 16 nomor yang dipertandingkan di venue Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta.

Dominasi Indonesia dalam cabor Pencak Silat Asian Games 2018 benar-benar tak terbendung. Hanya dua nomor yang lepas dari genggaman Puspa Arumsari dan kawan-kawan sepanjang perhelatan cabor Pencak Silat Asian Games 2018.

Pada Senin (27/8/2018), tim Pencak Silat Indonesia langsung meraih delapan medali emas. Dan pada Rabu (29/8/2018), total enam medali emas menambah pundi-pundi Pencak Silat Indonesia di mana semua wakil Merah Putih memenangkan partai final.

Enam medali emas Pencak Silat Asian Games 2018 terkini didapat dari Sugiono (seni tunggal putra), Ayu Sidan Wilantari/Ni Made Dwiyanti (seni ganda putri), seni beregu putri (Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Letari), Pipiet Kamila (tarung kelas D 60-65 kg putri), Hanifan Yudani Kusumah (tarung kelas C 55-60 kg putra), dan Wewey Wita (tarung kelas 50-55 kg putra).

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 3 halaman

Korban Gempa

Foto Pilihan Asian Games 2018
Perbesar
Presiden RI, Joko Widodo dan Ketua Umum IPSI, Prabowo Subianto, berpelukan dengan peraih medali emas pencak silat, Hanifan Yudani di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah/pras/18

Kebahagiaan atas kesuksesan jadi juara umum tak ingin hanya dirasakan tim Pencak Silat Indonesia. Mereka pun ingin berbagi kebahagiaan dengan membantu korban gempa Lombok. Caranya adalah ikut dalam acara lelang jersey yang meraih raih saat meraih medali emas.

"Iya itu lelang untuk korban di Lombok. Jadi tim silat Indonesia mengumpulkan jersey. Pokoknya apapun yang berbau Asian Games. Hasilnya buat disumbangkan ke korban gempa Lombok. Seratus persen," ujar Pipiet.

Dalam acara Konser Amal untuk NTB (Nusa Tenggara Barat) yang disiarkan secara live di Indosiar pada Rabu malam, terdapat 11 jersey yang dipajang untuk dilelang. Ke-11 jersey itu dari tim voli, pencak silat, hingga bulu tangkis.

3 dari 3 halaman

Laku Seratus Juta Rupiah

Nilai untuk lelang tersebut sangat variatif. Ada yang laku Rp 50 juta. Ada juga salah satu jersey yang laku hingga Rp100 juta. Jersey lain juga ada yang mendapat nilai Rp 150 juta dan Rp 250 juta per jersey.

Pada puncak acara, giliran jersey Jonatan Christie saat meraih emas tunggal putra bulu tangkis Asian Games 2018 yang dilelang. Untuk jersey Jonatan ini laku hingga Rp 400 juta yang jatuh ke tangan Wakil Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), Sutanto Hartono.

Lanjutkan Membaca ↓