Menkes Apresiasi Atlet Indonesia Lampaui Target Asian Games 2018

Oleh Liputan6.com pada 30 Agu 2018, 11:00 WIB
Diperbarui 30 Agu 2018, 11:00 WIB
Asian Games 2018
Perbesar
Menteri Kesehatan Nila D.F. Moeloek di sela kunjungan kerja bersama Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Teluk Bintuni.

Liputan6.com, Jakarta Tiga hari jelang berakhirnya pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Farid Moeloek mengapresiasi keberhasilan para atlet Indonesia meraih medali emas. Tim Indonesia melampaui pencapaian medali yang ditargetkan pemerintah.

"Indonesia bisa artinya atlet kita berhasil jika dilakukan dengan baik bisa mencapai bahkan melampaui target. Kita hanya terus motivasi agar menjadi negara kuat," ujar Menkes Nila di sela peninjauan kemajuan pelayanan kesehatan di Teluk Bintuni, Papua Barat. Rabu 29 Agustus 2018.

Menkes Nila juga memuji kesigapan tim medis Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam memberikan pelayanan.

"Kita dari Kementerian Kesehatan punya tugas memberi dukungan pelayanan kesehatan. Dalam olahraga pasti ada kemungkinan cedera. Seperti yg terjadi pada atlet bulutangkis Antonius Ginting kemudian atlet paralayang patah tulang di Bogor yang langsung dibawa ke Jakarta. Itu semua diatasi cepat dan baik oleh petugas medis bersema segenap pihak termasuk tim Kementerian Kesehatan. Saya sangat apresiasi dan berterima kasih," tutur istri mantan Menteri Kesehatan Farid A. Moeloek ini.

Hingga Rabu malam 29 Agustus, kontingen Indonesia mengumpulkan total 88 medali yang terdiri dari 30 medali emas, 22 perunggu, dan 36 perak. Hasil ini membawa Indonesia menempati peringkat keempat klasemen sementara perolehan medali.

Pencapaian Indonesia di Asian Games 2018 sejauh ini sudah melebihi target. Awalnya, kontingen Merah Putih hanya ditarget 16 medali emas dengan posisi sepuluh besar.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 3 halaman

Harapan Masyarakat Papua Barat

Keakraban Jokowi - Prabowo Saat Kalungkan Medali Silat Asian Games 2018
Perbesar
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto, Menteri PANRB Syafruddin, dan atlet pencak silat peraih medali melakukan hormat usai pengalungan medali Asian Games 2018 di Jakarta Jakarta, Rabu (29/8). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Keberhasilan Indonesian di ajang Asian Games 2018 turut diapresiasi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

"Luar biasa Indonesia telah meraih lebih dari 24 emas dan masuk sepuluh besar. Itu doa sekaligus harapan kita masyarakat Papua Barat," kata Dominggus Mandacan saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan Nila D.F. Moeloek di Teluk Bintuni.

3 dari 3 halaman

Pawai Obor

Wayang Orang Ramaikan Pawai Obor Asian Games 2018
Perbesar
Direktur SDM dan Umum Askrindo Firman Berahima membawa api obor Asian Games 2018 dengan berlari sejauh 500 meter melalui rute RSPAD Gatot Subroto - Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (16/8).(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Papua Barat merupakan salah satu dari 54 tempat yang disinggahi pawai obor Asian Games 2018. Saat itu, Gubernur Papua Barat ikut menyambut sekaligus mengarak obor Asian Games bersama ratusan masyarakat setempat.

Dominggus Mandacan secara khusus berterima kasih kepada panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) karena memilih Papua Barat, terutama Raja Ampat serta Sorong menjadi bagian kemeriahan Asian Games ke-18 tahun ini. Kedatangan kirab obor Asian Games 2018 di kedua wilayah tersebut memotivasi seluruh atlet lokal semakin berprestasi.

Lanjutkan Membaca ↓