Sukses

Timnas Voli Putri Indonesia Kalah dari Korea Selatan karena Banyak Melakukan Kesalahan Elementer

Pelatih timnas voli putri Indonesia, Mohamad Ansori, menyebut anak asuhnya terlalu banyak melakukan kesalahan sehingga harus menyerah 0-3 dari Korea Selatan.

Jakarta - Pelatih timnas voli putri Indonesia, Mohamad Ansori, menyayangkan kekalahan 0-3 dari Korea Selatan pada babak perempat final Asian Games 2018 yang berlangsung di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Rabu (29/8/2018) sore WIB. Ansori menilai, anak asuhnya terlalu banyak mengulang kesalahan.

Pada pertandingan tersebut, Indonesia sempat mampu mengimbangi permainan Korea Selatan pada set pertama. Namun, permainan efektif yang dilakukan lawan harus membuat Indonesia takluk 22-25.

Memasuki set kedua, Korea Selatan semakin agresif. Sejumlah upaya yang dilakukan Indonesia, mampu diblok dengan baik oleh Korea Selatan yang unggul dari segi fisik. Set kedua kembali dimenangi dengan skor telak 13-25.

Pada set ketiga, Indonesia sebenarnya mampu menunjukkan permainan terbaik. Akan tetapi, sejumlah peluang gagal dimaksimalkan sehingga harus menyerah 18-25 dari Korea Selatan.

"Pemain anak-anak sangat luar biasa dan tanpa ada beban, akan tetapi Korea unggul lebih dari segi fisiknya. Saat kita mau unggul, moodnya tidak dapat," kata Ansori seusai pertandingan.

"Sebenarnya kami pada set pertama sudah ada perlawanan ya, mungkin salah-salah sedikit poinnya jadi anjlok. Terlalu banyak kesalahan. Mudah-mudahan besok kita tidak mengulangi kesalahan itu lagi," ucap Ansori.

Meski demikian, Ansori tetap melayangkan pujian terhadap mental anak asuhnya. Menurut dia, anak asuhnya bermain tanpa tekanan meskipun menghadapi tim tangguh seperti Korea Selatan.

"Anak-anak mentalnya luar biasa ya. Jadi, tadi keberaniannya tuh tidak menganggap Korea tim paling tangguh. Jadi, seolah-olah selevel dengan kita. Akhirnya, berkat dukungan penonton juga anak-anak jadi semangat," ujar Ansori.

Kekalahan ini membuat Indonesia harus tersingkir dalam perburuan medali Asian Games 2018. Namun, Amalia Fajrina Nabila dkk masih berpeluang meraih peringkat kelima melawan Vietnam pada 31 Agustus mendatang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.