Sukses

Jaga Mental Jelang Final, Sanggoe Dharma Tanjung Berambisi Sumbang Emas Asian Games

Skateboard baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Palembang - Sanggoe Dharma Tanjung berharap dapat menambah koleksi medali emas Indonesia pada Asian Games 2018. Atlet berusia 16 tahun itu mendapat modal baik dengan memuncaki klasemen kualifikasi nomor street.

"Kita memang sudah memprediksi dia (Sanggoe) bisa dapat nilai tinggi dan meraih emas. Tinggal kita menjaga mentalnya supaya tampil bagus di final," kata pelatih skateboard Indonesia, Ardy Polli, dikutip Antara.

Sanggoe tampil impresif di babak kualifikasi dan tidak terpengaruh gangguan hujan yang sempat dua kali menghentikan pertandingan di Jakabaring Sport City, Palembang, Selasa (28/8/2018).

Skateboarder asal Bali ini berada di peringkat satu dengan total 31,3 poin. Ia terpaut hampir tiga poin dengan Keyoki Ike dari Jepang, yang berada di posisi dua lewat 28,3 poin.

Sanggoe mengawali sesi (run) 1 dengan nilai 6,4 dan run 2 melejit menjadi 8,1 poin. Ia terlihat menguasai hampir semua bagian arena, terutama rintangan rel, salah satunya dengan trik backside smith grid menuruni rel delapan anak tangga.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Dominasi

Dominasi Sanggoe makin terlihat di sesi trik terbaik (best trick). Ia berhasil mengeksekusi lima kali kesempatan tanpa terjatuh.

Sanggoe bahkan mencatatkan dua nilai tinggi, pertama dengan trik bigflip frontside boardslide yang meraih 7,7 poin. Kemudian trik bigflip frontside boardslide yang mendapat 7,8 poin dari dewan juri.

Sanggoe Dharma merupakan peringkat ketiga pada ajang FISE World Malaysia 2014, peringkat enam dunia di X-Games di Shanghai 2015, dan skateboarder Indonesia pertama yang berlaga di Street League di Barcelona 2017. Tidak heran jika Indonesia mengunggulkan Sanggoe untuk bisa meraih emas di cabang skateboard.

3 dari 3 halaman

Persiapan Olimpiade

Indonesia menurunkan dua atlet untuk nomor ini, yakni Sanggoe Dharma Tanjung dan Aldwin Angkawidjaja. Keduanya lolos ke final yang akan dipertandingkan Rabu (29/8/2018). Namun, Aldwin berada pada peringkat tujuh klasmen kualifikasi.

Ada delapan skateboarder yang memperebutkan medali emas pada nomor ini. Saingan paling berat dari Indonesia datang dari wakil Jepang, Keyoki Ike.

Skateboard baru pertama kali ini dipertandingkan di Asian Games 2018. Cabor ini dipersiapkan untuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.