Sukses

Ketika Teriakan Wakanda Berhasil Suntik Semangat Tim Dayung Indonesia Raih Emas Asian Games 2018

Selain doa dan strategi apik, kemenangan Tim Dayung Indonesia meraih medali emas Asian Games 2018 tak lepas dari aba-aba teriakan Wakanda.

Liputan6.com, Jakarta Tim Dayung Indonesia berhasil mempersembahkan satu medali emas dari nomor Men's Lightweight Eight atau ringan delapan putra Asian Games 2018 pada Jumat (24/8) di arena Rowing, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Tim yang berisikan Ardi Ishadi, Ali Buton, Ihram, Ferdiansyah, Rio Darmawan, Muhad Yakin, Jefri Ardianto, dan Ujang Hasbulloh ini berhasil jadi yang terbaik di Asian Games 2018 dengan catatan waktu terbaik yakni 6 menit 8,88 detik.

Ada hal yang menarik dibalik keberhasilan Tim Dayung Indonesia meraih emas. Yakni munculnya teriakan Wakanda sebagai kode khusus dan penyemangat Tim untuk menuju garis finish.

 

Seperti diketahui Wakanda merupakan negeri fiksi yang ada di film Black Panther besutan Marvel. Menjadi hits, saat Black Panther meneriakkan kata Wakanda untuk membakar semangat para pejuang sebelum bertarung dengan anak buah Thannos. Terbukti para pejuang tidak kenal takut dan memiliki keberanian untuk bertempur. Semangat itu juga yang dirasakan Tim Dayung Indonesia saat meneriakkan kata Wakanda.

Ihram menceritakan kemenangan Timnya tak lepas dari strategi apik, salah satunya menggunakan kode-kode khusus seperti aba-aba Wakanda.

Kami punya strategi sendiri. Ketika mau tertinggal, kami punya aba-aba Wakanda untuk mengejar ketinggalan," ujar Ihram usai pertandingan.

Pertandingan memang berjalan cukup menegangkan bagi tim Indonesia. Mereka sempat kalah start dari tim Uzbekistan. Namun, tim Indonesia berhasil mengejar ketinggalan memasuki jarak 1.000 meter. Tim Indonesia sukses mempertahankan posisi pertama. Ihram dan kawan-kawan pun menang dengan catatan waktu 6 menit 8 detik.

Lebih lanjut, Ihram mengatakan kemenangan ini buah dari kerja keras tim. Tak lupa, dia berterima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah mendoakan tim nasional dayung.

 

Total Tim Dayung Indonesia berhasil mempersembahkan 5 medali Asian Games 2018. Terdiri dari 1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Medali perak Tim Dayung berasal dari nomor empat putra dan nomor ringan empat putra. Sedangkan dua medali perunggu berasal dari nomor empat putri dan nomor pasangan putri.

Ayo dukung terus kontingen Indonesia di ajang Asian Games 2018. Tunjukkan dukunganmu melalui postingan foto dan caption menarik di Instagram dengan tagar #KemenanganItuDekat #CeritaKemenangan #GrabxKLY dan mention akun instagram @GrabId dan @Liputan6. Seperti diketahui, Grab merupakan Official Mobile Platform Partner for Transportation and F&B Delivery Asian Games 2018.

Ayo kobarkan semangat #KemenaganItuDekat dan percaya Tim Indonesia mampu meraih prestasi terbaik.

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.