Sukses

Melaju ke Empat Besar, Timnas Korsel U-23 Jaga Asa Pertahankan Medali Emas

Timnas Korsel U-23 mengalahkan Uzbekistan pada perempat final sepak bola Asian Games 2018, Senin (226/8/2018), yang diwarnai hattrick, kartu merah, dan penalti.

Jakarta - Laga seru terjadi di perempat final cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018, Senin sore 927/8/2018), mempertemukan Timnas Korea Selatan U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23. Laga ini dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Tiga gol terjadi di babak pertama. Timnas Korea Selatan U-23 sudah unggul 1-0 di menit kelima lewat gol bomber mereka, Hwang Ui-jo.

Namun, berselang 12 menit kemudian, Uzbekistan menyamakan skor jadi 1-1 melalui gol Jaloliddin Masharipov. 

10 menit sebelum turun minum, Hwang Ui-jo kembali mencetak gol untuk membuat the Taeguk Warriors unggul 2-1.

Selepas turun minum, Uzbekistan mencoba bangkit. Hasilnya, tim juara Piala AFC U-23 2018 ini mampu mendapatkan gol penyeimbang pada menit ke-53 lewat Ikram Alibaev. Skor 2-2.

Tekanan intens yang digalang Uzbekistan tak berhenti sampai di situ. Tiga menit setelah Ikram mencetak gol kedua, Hwang Hyun-soo justru membuat gol bunu diri. Imbasnya, Uzbekistan berbalik unggul, skor 3-2.

Ingin membuktikan diri dengan status juara bertahan Asian Games 2018, Timnas Korea Selatan U-23 mencari gol ketiga. Hwang Ui-jo lagi-lagi membuktikan ketajamannya. Striker Gamba Osaka itu mencetak gol ketiga di laga ini alias hattrick, untuk membuat skor menjadi 3-3 pada menit ke-76.

Mendekati 10 menit jelang bubaran di waktu normal, kedua tim saling serang. Beberapa peluang diperoleh kedua tim, namun tak tercipta gol.

Pertandingan terpaksa dilanjutkan melalui babak perpanjangan. Hingga menit ke-100, permainan berjalan imbang.

Namun, petaka buat Uzbekistan terjadi pada menit 101, setelah pemain no 14, Ikromjon Alibaev, harus meninggalkan pertandingan. Alibaev melakukan kontak fisik berlebihan dengan pemain Korsel hingga membuat wasit mencabut kartu kuning kedua buatnya.

Pada menit ke-103, Korsel mendapat peluang emas dengan umpan matang dari sisi kiri pertahanan Uzbekistan, namun gagal dimanfaatkan.

Meski kalah jumlah pemain, Uzbekistan masih mampu mengimbangi tim juara bertahan. Pertandingan berlanjut ke 15 menit terakhir. Pada menit ke-116, Korsel mendapat hadiah penalti.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Rustamjon Ashurmatov terhadap Hwang Ui-jo di kotak terlarang, wasit menunjuk titik putih. Hwang Hee-chan yang maju sebegai eksekutor, menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengubah skor jadi 4-3 untuk the Taeguk Warriors.

Penalti itu menjadi gol yang tercipta di laga ini. Timnas Korea Selatan U-23 melangkah ke semifinal dengan menang 4-3 atas Uzbekistan.

Di semifinal pada Rabu (29/8.2018), Timnas Korea Selatan U-23 akan bersua pemenang antara Vietnam kontra Suriah, yang baru dimainkan Senin malam ini.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.