Sukses

Asian Games 2018: Cetak Sejarah, Tim Korea Bersatu Bikin Bingung

Tim Korea Bersatu yang diisi pemain Korea Selatan dan Utara mengalahkan Tiongkok dan Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Tim kano perahu naga putri Korea menorehkan sejarah dengan meraih medali emas di nomor 500 meter Asian Games 2018. Mereka menorehkan catatan waktu 2 menit 24 detik dalam pertandingan di Canoeing Arena, Palembang, Minggu (26/8/2018).

Tim Korea yang diisi pemain Korea Selatan dan Utara mengalahkan Tiongkok dan Thailand. Dua negara itu masing-masing meraih medali perak dan perunggu.

Kemenangan Korea ini ternyata membuat para jurnalis non-Korea kebingungan. Pasalnya, mayoritas para atlet dan ofisial Korea tidak bisa berbahasa Inggris.

Para jurnalis pun meminta salah satu jurnalis asal Korea Selatan, Jung Hee Don untuk menerjemahkan ucapan anggota tim Korea saat jumpa pers.

"Tadi dia menerangkan soal latihan sempit karena punya waktu tiga minggu. Itu cukup sulit untuk mereka," ujar Jung.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Bantuan

Para jurnalis kembali meminta bantuan Jung untuk pertanyaan lainnya. Menurut Jung kendala latihan singkat itu bisa teratasi lantaran bahasa Korea Utara dan Selatan sama.

Sebetulnya tim Korea sudah menyiapkan penerjemah, Ahra Jo. Namun, para jurnalis masih kesulitan menangkap maksud dari para atlet tersebut.

3 dari 3 halaman

Lagu Nasional

Dalam jumpa pers, sempat ditanyakan perihal lagu nasional yang diputar saat perayaan. Menurut Ahra, lagu ini merupakan lagu yang spesial.

"Lagu ini lagu khusus untuk Korea. Lagu ini sangat berkesan buat kami," ujar Ahra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.