Stefano Lilipaly, Figur Penentu Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Hong Kong

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Agu 2018, 04:14 WIB
Diperbarui 21 Agu 2018, 04:14 WIB
Stefano Lilipaly

Jakarta - Playmaker Timnas Indonesia U-23, Stefano Lilipaly, kembali memperlihatkan kualitasnya sebagai pemain yang bisa merubah arah permainan. Ia jadi kunci saat Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan 3-1 atas Hong Kong di pertandingan terakhir Grup A sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018).

Timnas Indonesia U-23 harus tertinggal lebih dulu setelah Lau Hok Ming berhasil lolos dari offside dan mencetak gol ke gawang Andritany Ardhiyasa yang gagal mengantisipasi bola dengan baik pada menit ke-39. Tim Garuda Muda pun harus memulai babak kedua dengan kondisi tertinggal 0-1.

Namun, 45 menit kedua menjadi milik Timnas Indonesia U-23 dengan Stefano Lilipaly sebagai aktor kebangkitan tim asuhan Luis Milla itu. Kehebatan Stefano Lilipaly membantu Timnas Indonesia U-23 keluar dari masalah dimulai sejak awal babak kedua. Umpan terobosannya dengan sangat baik dimaksimalkan oleh Irfan Jaya pada menit ke-46.

Dalam kondisi imbang 1-1, Stefano Lilipaly terus berusaha untuk membawa Tim Garuda Muda meraih tiga poin di pertandingan terakhir mereka di Grup A. Hasil upayanya pun berbuah manis pada menit ke-85.

Mendapatkan bola di kotak penalti Hong Kong, pemain naturalisasi itu mengecoh bek Hong Kong sebelum melepaskan tembakan yang gagal dihalau oleh kiper Hong Kong, Yuen Ho Chun.

Tidak sampai di situ saja, masuknya Hanif Abdurrauf Sjahbandi yang menggantikan posisi Beto Goncalves di masa injury time membuat Tim Garuda Muda sukses meraih satu angka terakhir.

Pemain Arema FC itu mencetak gol dan lagi-lagi Stefano Lilipaly menjadi aktor di balik sukses gol ketiga Timnas Indonesia U-23. Umpan silang Stefano Lilipaly mendarat manis di kaki Hanif yang dengan sontekan ringan sukses mengoyak jala gawang Hong Kong.

Dalam pertandingan terakhir Grup A itu, Stefano Lilipaly mencatatkan lima tembakan dari total 17 tembakan yang dilakukan Timnas Indonesia U-23. Dua tembakan di antaranya tepat ke arah gawang, di mana satu berbuah menjadi gol.

Hingga saat ini 20 tembakan dilepaskan Stefano Lilipaly dalam empat pertandingan Timnas Indonesia U-23, di mana 10 di antaranya mengarah ke gawang. Pemain Bali United itu hingga saat itu sudah mengemas tiga gol dan empat assist dalam empat laga sepak bola Asian Games.