Sukses

Presiden OCA: Asian Games 2018 Hadir di Negara yang Indah

Jakarta-Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, menganggap penyelenggaraan Asian Games 2018 menorehkan sejumlah peristiwa sejarah baru bagi bangsa Asia.

Dewan Olimpiade Asia, menurut Syeikh Ahmad, harus menunggu 56 tahun untuk dapat kembali ke Indonesia dan menggelar Asian Games ke-18. Pihaknya pun senang Indonesia bisa menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Kami gembira dapat hadir di negara Anda yang indah ini. Penyelenggaraan Asian Games ini membuat sejarah baru dengan dua kota sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya, yaitu Jakarta dan Palembang. Itu semakin mendekatkan dengan agenda Olimpiade 2020 yang diusung Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach," kata Syeikh Ahmad dalam sambutan upacara pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu malam WIB.

Banyak momentum luar biasa yang terjadi jelang Asian Games 2018 bergulir. Dia berharap kesuksesan untuk Indonesia menggelar multievent olahraga empat tahunan ini.

"Asian Games ke-18 ini juga membuat sejarah baru di mana tim Korea Utara dan tim Korea Selatan melebur menjadi satu tim. Kontingen Kuwait yang harus menerima sanksi dan berada di bawah bendera independen selama beberapa tahun, sekarang dapat mengikuti kejuaraan dengan mengibarkan bendera mereka sendiri dan lagu kebangsaan mereka," kata Syeikh Ahmad, seperti dilansir Antara.

*Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kasih

Syeikh Ahmad menyampaikan terimakasih kepada bangsa Indonesia serta kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah mewujudkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games.

"Kami juga berterimakasih kepada lebih dari 30 ribu sukarelawan yang telah mewujudkan penyelenggaraan pesta multi-cabang olahraga ini. Kami tidak dapat melakukannya tanpa dukungan kalian. Terimakasih untuk waktu dan kontribusi demi kejayaan Indonesia," katanya.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Erick Thohir, dalam sambutan upacara pembukaan, menyampaikan bangsa Asia merupakan bangsa yang mencintai keharmonisan dan perdamaian.

"Indonesia percaya Asia adalah sebuah benua menakjubkan dan sebagai tanah keberagaman dengan jumlah suku dan etnis terbanyak di dunia," ujar Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu.

3 dari 3 halaman

Keragaman Demografi

Bangsa Asia, lanjut Erick, dengan keragaman demografi yang dimilikinya menjadi masyarakat Asia yang dinamis dan kompetitif.

"Menyebut Asia berarti juga menyebut keragaman bangsa-bangsa di dalamnya. Untuk itu, kita semua hadir di sini untuk merayakan keragaman, untuk merayakan perbedaan kita, untuk merayakan kemanusiaan kita, dan untuk menyalurkan energi dari bangsa yang beragam untuk menjadi satu kesatuan, harmony 'the energy of Asia'," kata Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.