Sukses

Presiden Jokowi: Asian Games Jadi Momentum Usung Semangat Persaudaraan

Presiden Jokowi resmi membuka Asian Games 2018 di Stadion GBK, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam WIB. Jokowi mengusung semangat persaudaraan dalam menggelar Asian Games 2018.

Asian Games 2018 berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018. Jakarta- Palembang menjadi kota penyelenggara multievent olahraga antarnegara di Asian tersebut untuk tahun ini.

Jokowi menekankan para peserta untuk tidak melupakan persaudaraan selama persaingan di Asian Games 2018. Dia yakin momentum ini memperkuat ikatan persaudaraan di Indonesia.

"Dalam setiap pertandingan memang selalu diwarnai kompetisi, namun makna yang sebenarnya adalah membangun daya juang dan pengorbanan dengan semangat persaudaraan," terang Jokowi dalam buku panduan pembukaan Asian Games 2018.

"Melalui pertandingan ini kita berharap akan semakin kokohnya semangat kebangsaan,semangat nasionalisme dan tali persaudaraan yang dipadu dengan jiwa besar, sportivitas dan kerja sama," ujarnya, lagi.

Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan di Asian Games 2018. 45 negara menjadi peserta di Asian Games edisi yang ke-18 ini.

*Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhelatan Akbar

"Bagi saya, kesuksesan Indonesia dalam Asian Games 2018 bukan semata kesuksesan dalam meraih prestasi, tetapi juga sekaligus kesuksesan dalam menyelenggarakan perhelatan akbar ini," tutur pria asal Solo ini lebih lanjut di buku panduan.

Jokowi menyatakan, pesta olahraga Asia ini juga memberi kontribusi lain, karena mampu meningkatkan ekonomimasyarakat. Euforia Asian Games semakin meningkatkan kecintaan masyarakat pada olahraga dan membangkitkan jiwa besar untuk membangun Indonesia dan masyarakat dunia yang jauh lebih baik.

Presiden berusia 57 tahun ini menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi seluruh pihak dan elemen masyarakat. Jokowi berharap semua bersatu untuk menyukseskan ajang Asian Games 2018.

3 dari 3 halaman

Kerja Keras

"Kerja keras semua panitia penyelenggara, profesional, aparat keamanan, atlet, pelatih, ofisial, relawan dan wartawan, sungguh sangat mengesankan saya. Tanpa kontribusi dan pengorbanan saudara-saudara semua, saya dan pemerintah Indonesia tidak akan bisa berbuat banyak," jelas Jokowi.

"Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih. Terimalah persembahan Indonesiauntuk masyarakat Asia dan dunia," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.