Sukses

Fakta Unik dan Menarik Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Asian Games 2018 akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah pesta olahraga antarnegara Asia itu.

Jakarta Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bakal segera bergulir. Rencananya, pesta olahraga akbar itu akan dibuka dengan pertunjukan megah dan spektakuler pada upacara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).  

Upacara pembukaan akan diselenggarakan mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. 

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir, Asian Games 2018 akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah pesta olahraga antarnegara Asia itu. Erick meyakini Asian Games di Jakarta dan Palembang akan menjadi warisan berharga bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

“Dengan diawali dengan sebuah upacara pembukaan yang megah, spektakuler dan sakral, kami yakin Asian Games 2018 akan menciptakan perdamaian di Benua Asia dan tentunya memperkuat persatuan bangsa Indonesia,” kata Erick Thohir, dalam rilis yang diterima Bola.com, Jumat (17/8/2018). 

Dalam rangkaian acara pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung juga pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh 70 anggota Paskibra. Formasinya 17 orang sebagai pengawal, 8 orang sebagai pembawa bendera, dan 45 orang sebagai penjaga yang menggambarkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945.

Selain itu, pembukaan juga akan diisi dengan defile atau parade dari atlet-atlet dari 45 negara peserta. Namun, kali ini parade hanya diikuti 44 negara, karena Korea Selatan dan Korea Utara akan berdefile di bawah bendera Korea. 

Selain itu, penonton, baik di SUGBK maupun dari layar kaca, juga akan disuguhi hiburan berupa pertunjukan kolosal. Upacara pembukaan juga akan dijaga 8.000 personel keamanan untuk memastikan seluruh acara berjalan lancar. 

Berikut ini fakta-fakta menarik pada upacara pembukaan Asian Games 2018:

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dibuka Presiden Joko Widodo 

Presiden Indonesia, Joko Widodo, direncanakan hadir dan membuka perhelatan olahraga yang diikuti 45 negara di Asia tersebut. Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir, akan mendampingi Presiden dalam menyambut peserta.

Upacara pembukaan yang dikomandani Wishnutama sebagai Creative Director tersebut juga akan dihadiri oleh Perdana Menteri Republik Korea, Lee Nak-yeon.

 

3 dari 7 halaman

2. Panggung Terbesar 

Pembukaan Asian Games 2018 akan menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multievent. Panggung tersebut seberat 600 ton, berukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter.

Panggung tersebut akan menjadi latar saat 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade di bawah bendera kebanggaan negaranya.

 

4 dari 7 halaman

3. Korsel dan Korut Pakai Bendera Korea 

Saat defile peserta, hanya ada 44 negara yang tampil. Korea Selatan dan Korea Utara akan berada di bawah satu bendera, yaitu Korea.

Dalam parade tersebut, setiap negara akan dipimpin pembawa papan nama negara yang memakai busana bernuansa burung Garuda yang dirancang Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Carnival.

 

5 dari 7 halaman

4. Pertunjukan Kolosal 

Sebanyak 18 artis papan atas Indonesia seperti tiga kali nominator Grammy Award, Joey Alexander, dan artis kelas internasional, Anggun, akan menyemarakkan upacara pembukaan Asian Games. Ada juga penampilan Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon, dan Via Vallen.

Selain para penyanyi, pertunjukan tersebut juga akan menampilkan 3.600 penari dan performer di bawah arahan koreografer top Indonesia, Denny Malik dan Eko Supriyanto, Mereka akan diiringi ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven.

Para penari tersebut telah berlatih selama 126 hari dan menghabiskan 231.000 botol air minum serta 38.500 porsi makanan dalam rangka memberikan sebuah pertunjukan kolosal yang tidak bisa dilupakan.

 

6 dari 7 halaman

5. Dihadiri 50.000 Tamu dan Penonton 

Pembukaan Asian Games 2018 diperkirakan ditonton miliaran orang di seluruh dunia. Selain itu sekitar 50.000 orang yang terdiri dari tamu undangan, penonton umum, atlet, ofisial, pengamanan dan wartawan akan menyaksikan secara langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam rangka mencegah kemacetan dan kerumunan massa Panitia Pelaksana Asian Games 2018 bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menutup beberapa ruas jalan yaitu Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Senayan, dan Jalan Sudirman jalur ke utara.

Penonton umum diharapkan datang dengan kendaraan umum, namun bagi yang membawa kendaraan pribadi, dapat memarkir kendaraannya di area Sudirman Central Business District (SCBD). Pintu masuk bagi penonton umum akan melalui pintu 5, 6 dan 7 sedangkan untuk VIP akan melalui pintu 1 dan 2.

 

 

7 dari 7 halaman

6. Dijaga 8.000 Personel Keamanan  

Panitia telah berkordinasi dengan pihak Kepolisian dan aparat lainnya untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta kenyamanan seluruh pihak yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno demi kelancaran upacara pembukaan Asian Games 2018.

Kepolisan akan mengerahkan 8.000 personel yang tersebar di beberapa wilayah dan juga dibantu dengan ratusan kamera pengawas.

 

Sumber: www.bola.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.