OCA: Jadi Tuan Rumah Asian Games Bakal Untungkan Indonesia

Oleh Adyaksa Vidi pada 16 Agu 2018, 20:00 WIB
Asian Games 2018, Persiapan Countdown Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong percaya Asian Games 2018 bakal punya manfaat besar bagi rakyat Indonesia. Ia juga berharap masyarakat antusias menyambut event empat tahunan ini.

Indonesia sebenarnya menjadi tuan rumah pengganti untuk Asian Games kali ini. Mereka menggantikan Vietnam yang memilih mundur sebagai penyelenggara.

Tak heran sebagian publik pun tak terlalu semangat menyambut Asian Games 2018. Terlebih dana yang dihabiskan Pemerintah untuk membangun infrastruktur sangat besar.

"Jika berbicara soal warisan setelah Asian Games, maka saya yakin warisannya bakal positif. Wisma atlet misalnya, setelah kami berbicara panjang maka nantinya di sana untuk masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Wei seperti dilansir SCMP.

"Jika Anda lihat apartemennya, maka ukurannya sangat kecil. Dan saya pikir sangat cocok untuk masyarakat yang membutuhkan," ujarnya menambahkan.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

2 of 3

Keuntungan Tuan Rumah

Asian Games 2018, Persiapan Countdown Asian Games 2018
Pekerja beristirahat sejenak dekat logo cabang olahraga Asian Games 2018 di Bundaran HI, Jakarta, (17/8/2017), Asian Games mengambil tema Energy Of Asia dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Selain wisma atlet, Wei juga menyebut fasilitas lain yang dibangun untuk Asian Games juga punya banyak manfaat. Salah satunya adalah fasilitas kesehatan di dekat wisma atlet.

"Ada rumah sakit di dekat wisma atlet Jakarta, sementara wisma atlet Palembang sangat dekay dengan klinik. Ini pasti bisa bermanfaat untuk semua," ujar Wei meyakinkan.

"Keuntungan menjadi tuan rumah Asian Games memang tidak secara langsung. Itulah gunanya Pemerintah untuk mengaturnya," ujar Wei menambahkan.

3 of 3

Sempat Terhambat

Asian Games 2018, Persiapan Countdown Asian Games 2018
Logo cabang olahraga Angkat Besi Asian Games 2018 terpampang di Bundaran HI, Jakarta, (17/8/2017), Asian Games mengambil tema Energy Of Asia dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Vietnam mundur dari tuan rumah Asian Games karena tidak punya uang untuk membangun wisma atlet. Akhirnya Indonesia pun bersedia maju dengan mengeluarkan uang hingga 3,2 miliar dolar AS agar Asian Games 2018 sukses.

"Progress Asian Games di Indonesia saya akui sangat lamban pada awalnya. Namun saya menilai sekarang sudah sangat siap."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓