Sukses

Perenang Tiongkok Bakal Raih 5 Medali Emas Asian Games 2018?

Sebelum Asian Games 2018, ia fokus berlatih di Hong Kong dan Singapura untuk adaptasi cuaca.

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok benar-benar serius menargetkan juara umum di Asian Games 2018. Di cabor renang, mereka menurunkan Sun Yang yang sudah rutin meraih medali emas di ajang Olimpiade. Kali ini, ia pun mengusung target tinggi.

Sun Yang adalah perenang andalan Tiongkok yang turun di Asian Games 2018. Bagi Yang, ini adalah kali ketika ia ikut serta dalam multievent empat tahunan tersebut. Momen pertama adalah Asian Games 2010 di mana ia meraih dua medali emas.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, perenang berusia 26 tahun itu memborong tiga medali emas dan satu perak. Ia juga menghiasi prestasinya dengan medali emas Kejuaraan Dunia Akuatik 2011, 2013, dan 2015.

Sejak itu, ia pun jadi andalan Tiongkok dalam ajang-ajang bergengsi. Ia juga rutin ikut serta dalam Olimpiade. Pada Olimpiade 2012, ia memborong dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Di Olimpiade 2016, ia mengamankan satu medali emas dan satu perak.

"Persiapan Sun Yang sangat baik. Pelatihan di Singapura dan Hong Kong baik baginya karena iklim di sana lebih sama dengan Jakarta," kata Cheng Hao, pelatih renang Tiongkok di Olimpiade 2016.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Tempur

Sun diperkirakan bakal tampil dalam nomor gaya bebas 200 m, 400 m, 800 m, 1.500 m, dan estefat Asian Games 2018. Jika ia memenangkan kelimanya, ia akan menggenapkan koleksi medali emas di Asian Games jadi 10. Prestasinya hanya akan kalah dari perenang legendaris Tiongkok, Wang Yifu, dengan 14 emas.

Untuk mewujudkan target tersebut, Yang pun sengaja melakukan sesi latihan di Singapura dan Hong Kong. Tujuannya adalah beradaptasi dengan cuaca yang mirip dengan Jakarta.

"Saya percaya bahwa di bawah bimbingan pelatihnya, ia akan baik-baik saja. Tak perlu mengkhawatirkan penampilannya. Saya yakin Sun Yang akan tampil sangat baik di Jakarta," jelas Hao.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.