Sukses

Biaya Sendiri, Atlet Canoe Asian Games 2018 Asal Tiongkok Tiba Lebih Awal

Kontingen cabor canoe slalom dari Tiongkok datang lebih awal dan rela bayar sendiri

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah atlet Asian Games 2018 cabang olahraga canoe slalom sudah tiba di Cirebon. Bersama para official, mereka sudah berada di Hotel Aston Cirebon.

Sementara, sejumlah petugas kepolisian sudah melakukan upaya penjagaan dan pengamanan atlet di hotel melalui Police Corner.

Volunteer bidang transportasi untuk Asian Games 2018, Anindita Almadesi, membenarkan kontingen cabor canoe slalom dari Tiongkok lebih cepat tiba di Cirebon. Oleh karena itu, untuk masalah tranportasi, mereka rela bayar sendiri.

"Mereka early check in," kata Anindita, saat ditemui di Hotel Aston Cirebon, Selasa (14/8/2018).

Anindita menjelaskan, berdasarkan MoU, para atlet itu semestinya baru datang pada 16 Agustus 2018. Namun, kontingen cabor canoe slalom dari Tiongkok sudah datang pada Ahad (12/8) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kedatangan para atlet yang lebih awal dari jadwal itu membuat biaya transportasi untuk berangkat ke Bendung Rentang, ditanggung dari uang pribadi kontingen tersebut. Meski begitu, mereka tetap dikawal pihak keamanan.

"Karena pengawalan memang harus," ujar Anindita.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyebutkan, para atlet yang sudah berdatangan di antaranya atlet cabor canoe slalom dari Tiongkok. Para atlet tersebut menginap di Hotel Aston, Cirebon.

"Iya beberapa atlet Canoe Asian Games 2018 sudah dipastikan datang dan kami sudah mulai bekerja," kata Agung Budi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Indramayu, Senin (13/8/2018).

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Ekstra

Para atlet canoe akan berlaga dalam pertandingan yang akan digelar di Bendung Rentang, Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Meski waktu pertandingan terbilang masih lama, Agung mengaku para atlet dari Tiongkok terbiasa datang lebih awal.

Kedatangan mereka agar bisa menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca di lokasi pertandingan. Selain atlet cabor canoe slalom, Agung menyebutkan, atlet cabor sepak bola juga sudah berdatangan ke Bandung dan atlet paralayang di Bogor.

"Konsentrasi pengamanan sudah terpecah. Baik di tempat penginapan, tempat latihan, apalagi di tempat pertandingan," kata Agung.

Untuk mengamankan ajang Asian Games, Agung mengatakan, Polda Jabar mengerahkan 8.821 personil. Pengamanan pun dibantu dari Kodam III/Siliwangi sebanyak 1.411 personil, Satpol PP, pemadam kebakaran, dinas kesehatan, maupun tim SAR.

Dalam mengawal kelancaran Asian Games, Agung mengaku ada pengamanan ekstra khusus atlet dari sejumlah negara. Namun, dia enggan menyebutkan atlet dari negara mana saja yang dilakukan pengamanan ekstra.

"Kita sudah floating pengamanan ekstra untuk atlet dari sejumlah negara dengan penambahan jumlah personil keamanan," kata Agung.

Seperti diketahui, atlet canoe slalom dari sekitar 11 negara akan menginap di Hotel Aston Cirebon selama pelaksanaan Asian Games. Pihak panitia pun menanggung transportasi perjalanan dari hotel ke venue, demikian pula sebaliknya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.